Dewan Pers Akan Dorong Kesejahteraan Wartawan

Ketua Dewan Pers 2022 - 2025 Azyumardi Azra saat sambutan dalam pelantikan di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu malam, (18/5/2022).

JAKARTA, transnews.co.id || Ketua Dewan Pers periode 2022-2025 Azyumardi Azra berjanji pihaknya akan terus ikut mendorong kesejahteraan para jurnalis. Dewan Pers akan turut menjadi jembatan antara perusahaan pers dengan para jurnalis.

“Kita juga ingin meningkatkan kualitas jurnalis kita, kesejahteraan jurnalis kita, orang-orang pers, insan pers yang terlibat di dalam berbagai kegiatan yang ada di dunia pers tersebut. Kita usahakan lebih terjamin lah kesejahteraannya” ujar Azra usai pelantikan Ketua Dewan Pers, di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu malam, (18/5/2022).

Dia mengatakan perusahaan pers perlu memerhatikan para penggiat berita. Menurut Azra, tidak ada lagi pihak yang mampu ikut serta menyejahterakan jurnalis selain perusahaan pers dan juga Dewan Pers.

baca juga :   Polri, DP dan Pimpinan Media Deklarasikan Pemilu 2024 Berlangsung Damai

“Dewan Pers harus menjadi jembatan antara kepentingan jurnalis dengan dunia badan usaha pers. Kita berharap lembaga-lembaga pers, perusahaan-perusahaan pers yang ada itu semakin memerhatikan kesejahteraan,” ujar Azra

Sembilan orang Komisioner Dewan Pers 2022 -2025 saat dilantik di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu malam, (18/5/2022).

Terpisah, Sekjen Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Herry Budiman menyampaikan ucapan selamat dan  menyambut baik janji Dewan Pers periode 2022 – 2025 untuk mendorong kesejahteraan wartawan.

“Saya atas nama Sekber Wartawan Indonesia mengucapkan selamat kepada Ketua Dewan Pers yang baru, bapak Azyumardi Azra dan 8 anggota lainnya. Semoga apa yang dijanjikan DP periode 2022-2025 dapat dilaksanakan dengan baik dan tanpa diskriminatif” kata Herry melalui sambungan selularnya, Kamis pagi (19/5/2022).

baca juga :   HUT DPD SWI Kota Depok Ke-6 Dimeriahkan Sederet Penyanyi Muda Indonesia

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberhentikan keanggotaan Dewan Pers periode 2019-2022 sekaligus mengangkat keanggotaan baru periode 2022-2025 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 14/M Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pers.

Berikut daftar susunan Dewan Pers periode 2022-2025:

Ketua: Azyumardi Azra
Wakil Ketua: M. Agung Dharmajaya

Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers: Yadi Hendriana
Wakil: Paulus Tri Agung

Komisi Hukum dan Perundang-undangan: Arif Zulkifli
Wakil: Ninik Rahayu

Komisi Pendidikan dan Pengembangan Profesi: Paulus Tri Agung
Wakil: Yadi Hendriana

baca juga :   Diskusi Publik Sekber Wartawan Depok, Kamsul: Patuhi Dulu Perintah UU Pers Pasal 9 Ayat 2

Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi: Ninik Rahayu
Wakil: Asmono Wikan

Komisi Hubungan Antarlembaga dan Luar Negeri: Totok Suryanto
Wakil: Arief Zulkifli

Komisi Pemberdayaan dan Organisasi: Asmono Wikan
Wakil: Sapto Anggoro

Komisi Pendanaan dan Sarana Organisasi: Sapto Anggoro
Wakil: Totok Suryanto

*

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com