Dinsos Jatim Bekali Klien Keterampilan Budidaya Cacing Tanah

Pasuruan, Transnews.co.id-Dinas Sosial Provinsi Jatim bekali klien Unit Pelaksana Teknis (UPT) dengan keterampilan Budidaya Cacing Tanah yang dilaksanakan di UPT Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (RSBD) Pasuruan, Selasa (2/2/2021)

Kepala Dinsos Provinsi Jatim Dr Alwi MHum mengatakan, Dinsos memiliki kewajiban untuk melakukan pemberdayaan kepada klien UPT.

Selama ini Dinsos Jatim membina dua macam klien, yakni klien yang bisa diberdayakan dan tidak bisa diberdayakan karena faktor alamiah. Klien yang bisa diberdayakan, maka kami berdayakan.

“Sesuai petunjuk ibu Gubernur Jatim, kami akan melakukan pemberdayaan yang marketable (dapat dipasarkan). Salah satunya, pemberdayaan melalui budidaya cacing tanah yang saat ini sedang tren,” jelas Alwi.

Alwi menambahkan untuk memberikan gambaran terkait budidaya tersebut, Dinsos Jatim pun mengundang Abdul Aziz Adam, pemilik CV RAJ Organik, yang bergerak dalam budidaya cacing tanah dari hulu ke hilir.

“Kami kumpulkan semua kepala UPT beserta stafnya. Nanti ini akan dikembangkan di UPT dan diajarkan kepada klien,”ungkapnya.

Alwi menegaskan, pembinaan keterampilan yang sebelumnya rutin diberikan akan tetap dilakukan, seperti menjahit, servis elektronik, dan sebagainya. Sedangkan budidaya cacing ini merupakan kegiatan tambahan untuk klien.

Menurut Alwi, pembinaan dan kegiatan tambahan tersebut dimaksudkan menjadi bekal klien ketika kembali ke daerah masing-masing. Dengan memiliki beragam keterampilan, klien pun memiliki banyak pilihan untuk berkarya di tengah masyarakat.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com