DAERAH  

Diskoperindag HSU Gelar Operasi Pasar Murah, Warga Serbu Minyak Goreng Rp 14 Ribu Per Liter

Amuntai, Transnews.co.id – Warga Kecamatan Banjang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menyerbu operasi pasar minyak goreng murah yang digelar Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) HSU di depan Kantor Kecamatan Banjang, Kamis (27/1/2022).

Para pembeli yang didominasi ibu-ibu rumah tangga ini, mendatangi kantor kecamatan setempat untuk bisa membeli minyak goreng kemasan seharga Rp14 ribu per liter yang telah ditetapkan pemerintah.

Rahmawati, warga Banjang, mengaku bersyukur akan adanya operasi pasar yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten HSU melalui Diskoperindag HSU ini.

Menurut ibu yang sehari-hari membuka warung makan nasi kuning ini, meski dewasa ini harga minyak goreng mengalami kenaikan namun ia tetap tidak menaikkan harga dagangannya.

“Ya harga satu porsi tetap dijual seperti biasanya, tapi keuntungan yang biasanya misalnya Rp 10ribu tinggal menjadi Rp 7ribu saja.” kata Rahmawati.

Baca Juga :   Kepala Kantor Pos Temanggung: Pencairan BLT Subsidi Minyak Goreng Paling Lambat Kamis

Disamping harga minyak goreng di pasar tradisional yang masih belum stabil, ia berharap operasi pasar murah seperti ini agar sering digelar di oleh pemerintah daerah.

Hal serupa juga diungkapkan Mariah, yang mengaku antusias menyambut operasi pasar minyak goreng murah ini.

“Lumayan Rp 6 ribu murahnya, dibandingkan biasanya dijual Rp 21 ribu, disini cuma dijual Rp 14 ribu.” ucap Ibu rumah tangga ini.

Meski digunakan untuk keperluan kerumah tangga saja, Operasi pasar minyak goreng murah ini menurutnya sangat membantu masyarakat terutama bagi ibu-ibu rumah tangga seperti dirinya.

Ditemui di tempat yang sama, Plt Kepala Diskoperindag HSU melalui Kabid Perdagangan H M Isnaini, mengatakan, dalam operasi pasar ini sebelumnya pihaknya membagikan kupon kepada masyarakat melalui Kecamatan, kemudian kecamatan ke Kepala Desa, melalui Kepala Desa dan kupon-kupon itu di bagikan ke warga desanya masing-masing.

Baca Juga :   Dapat Minyak Goreng, Warga Serbu Gerai Vaksinasi Satlantas Polres Bangka

“Masyarakat bisa langsung membeli minyak goreng dengan membawa satu kopun untuk satu liter dengan harga 14 ribu rupiah, melalui pembagian kopun, warga tidak perlu khawatir kehabisan minyak, dan untuk menghindari dari aksi borong,” kata Isnaini.

Seperti kecamatan lainnya, untuk kecamatan Banjang pihaknya juga menyiapkan stok minyak goreng sebanyak 400 liter.

“Untuk tahap selanjutnya insyaallah kami akan melaksanakan operasi pasar ini pada hari Senin tanggal 31 Januari untuk kecamatan Sungai Pandan sebanyak 400 liter,” Imbuhnya.

Baca Juga :   Ketua KNPI HSU Lantik Pengurus Dewan Perwakilan Kecamatan Periode 2021-2024

Selain itu, kata Isnaini, di samping menggandeng PT Alif sebagai penyedia minyak goreng, pihaknya rencananya juga bakal menggandeng pihak-pihak penyedia produk-produk lainnya seperti PT Wings dan Bulog

Dirinya berharap, dalam waktu dekat harga minyak goreng kemasan dipasaran seluruhnya dapat kembali stabil, karena ia memastikan harga di toko-toko distributor juga sudah mengalami penurunan.

 130 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.