Doni Monardo, Tren Perkembangan Kasus Covid-19 di Indonesia Berada di Posisi Sangat Rendah

Jakarta, TransNews.co.id-Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo saat Rakor Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan dan Penanganan Covid-19 di Daerah melalui Teleconfrence menegaskan, tren perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia berada di posisi sangat rendah. Namun dalam beberapa minggu terakhir ini telah terjadi perkembangan Covid 19, angka kasus aktif lebih tinggi dari angka kesembuhan.

“Dua hari lalu kasus aktif Covid berada di posisi 5,99 persen, saat ini naik lagi 6,1 persen. Kemudian angka kesembuhan yang beberapa hari terakhir 91, 28 persen saat ini turun sedikit 0,2 persen,” ujarnya, Senin (3/5/2021).

Ia menjelaskan, Kemungkian pelandaian angka Covid 19 yang kita nikmati beberapa bulan terakhir akan berakhir.

“Saya tidak menakut-nakuti, tetapi faktanya kita lihat di beberapa daerah telah terjadi peningkatan kasus Covid. Ini perlu kita antisipasi agar tidak bertambah,” pesannya.

Doni mengungkapkan hampir semua daerah yang telah menjalankan PPKM Mikro mengalami kemajuan dalam pengendalian Covid 19. Angkanya penularnya turun 2,7 persen, namun di beberapa daerah justru angkanya naik 0,03 persen.

“Setelah libur panjang pasti di ikuti pasien di rumah sakit bertambah, angka kematian pun bertambah, dampaknya angka kematian bokter bertambah,”katanya.

Menurutnya,ini juga menjadi perhatian bagi tenaga kesehatan kita yang jumlahnya terbatas. Setiap ada perawat dan Dokter memiliki gajala sakit, di berikan prioritas untuk mendapatkan perawatan. Karena beberapa bulan yang lalu ada dokter tidak mendapatkan fasilitas kesehatan sama sekali.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com