Enam Pos Pengamanan Disiapkan, Polres Kediri Perketat Penyekatan Pemudik

Kediri,TransNews.co.id.- Jelang idul fitri Polres Kediri perketat jalur mudik untuk beberapa wilayah. Wilayah yang diperketat penyekatannya diantaranya wilayah Kecamatan,Papar, Kandangan, Mengkreng Purwoasri, Simpang Lima Gumul, dan Plemahan.

Selain itu Polres Kediri menyiapkan enam pos pengamanan dalam rangka penyekatan larangan mudik tahun 2021.

Salah satunya Pos Pengamanan penyekatan di wilayah Kecamatan Kandangan dijaga ketat oleh personel gabungan dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Kabupaten Kediri.

Dijelaskan oleh Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono, sejumlah pos pengamanan akan disiapkan dalam rangka larangan mudik tahun 2021 yaitu Kecamatan Papar, Kandangan, Mengkreng Purwoasri, Simpang Lima Gumul, dan Plemahan.

Meski demikian petugas sudah siaga di Pos Pengamanan Kecamatan Kandangan karena wilayah tersebut merupakan batas antar wilayah Kabupaten Malang dengan Kabupaten Kediri.

“Jadi kalau mudiknya lokal artinya satu karesidenan seperti Jombang menuju Kediri atau Nganjuk ke Kediri masih diperbolehkan,” jelasnya, Minggu (2/5/2021).

Kapolres menjelaskan bahwa wilayah Malang bukan termasuk dalam karesidenan Kediri, sehingga apabila ada kendaraan yang mudik, maka akan diperiksa oleh petugas gabungan seperti kelengkapan surat pengendara dan menanyakan ada tidaknya surat dinas dari perusahaan maupun instansi tempat mereka bertugas yang hendak menuju dari Kediri ke Malang maupun sebaliknya. Namun jika ditemukan hanya keperluan mudik, maka akan dikembalikan.

“Secara efektif dilaksanakan mulai bersamaan operasi ketupat 6 Mei hingga 17 Mei, dan dilanjutkan 18 Mei hingga 24 meningkatkan kegiatan rutin untuk membatasi mobilisasi di masyarakat agar penyebaran Covid-19 bisa menurun,”ucapnya.

Selain antisipasi mudik, kata Kapolres petugas juga disiagakan untuk memberikan kelancaran arus lalu lintas, bisa mengendalikan kemacetan, dan melaksanakan kegiatan Operasi Yustisi kepada masyarakat maupun pengguna jalan.

“Ke depannya nanti tiap Pos PAM anggota akan ditugaskan selama 24 jam dan akan siaga dalam 3 shift secara bergantian,” demikian Kapolres. (Rudy).

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com