Garut Bakal Jadi Pusat Hari Aksara Internasional Ke 54

Garut, Transnews- Alun -alun Kabupaten Garut Jawa Barat,sudah di pastikan bakal menjadi pusat kegiatan Hari Aksara Internasional ke 54 tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut,Totong,SPd sebagaimana dilansir sejumlah media,Jum’at (8/11/19) di Garut menjelaskan, rencananya, kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama tiga hari, mulai Selasa-Kamis (12-14 November 2019) bertempat di lapang Otista (Alun-Alun Garut) Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota.

Kegiatan Hari Aksra Internasional,kata Totong, bertujuan untuk memberantas buta aksara. Dalam kegiatan tersebut, setiap peserta dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat akan membuka stan dan menyampaian capaian kinerja khususnya untuk pemberantasan buta huruf, yang selama ini manjadi program pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa,”jelasnya.

Totong menambahkan kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengevaluasi mengenai program-program secara keseluruhan melalui stan pamerannya.

“Para peserta akan memaparkan capaian kinerjanya, baik menyangkut kinerja pemberantasan buta aksara, maupun peningkatan rata-rata lama sekolah,” urai Totong lagi.

Menurutnya,berdasarkan data di Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Garut, hampir 90 persen sudah terbebas dari buta aksara, terkecuali ada beberapa Kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang masih ada warganya belum bisa baca tulis.

“Konsep peringatan HAI 2019 ini bukan sekadar seremonial saja, akan tetapi panitia lokal dan provinsi juga sudah mempersiapkan berbagai kegiatan yang dinilai bisa membangkitkan semangat pejuang pendidikan dalam memberantas buta huruf,” pungkasnya. (Chryst)

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com