Gubernur Khofifah Resmikan Pintu Perlintasan dan Pos Jaga Kereta Api di Banyuwangi

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat meresmikan pintu perlintasan sebidang kereta api dan Pos Jaga Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 79, di Desa Gumirih Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Jawa timur. Senin (18/12/2023)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat meresmikan pintu perlintasan sebidang kereta api dan Pos Jaga Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 79, di Desa Gumirih Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Jawa timur. Senin (18/12/2023)

BANYUWANGI, transnews.co.id – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meresmikan pintu perlintasan sebidang kereta api dan Pos Jaga Jalur Perlintasan Langsung (JPL) 79, di Desa Gumirih Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur. (18/12/2023).

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pemecahan kendi oleh Gubernur bersama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Pada kesempatan tersebut turut hadir, Ketua Komisi D DPRD Jatim Agung Mulyhono, Jajaran Pemprov Jawa Timur serta Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Banyuwangi.

Dalam sambutannya Gubernur Khofifah mengatakan, bahwa hal ini merupakan bagian dari akuntabilitas pemerintah untuk memberikan jaminan perlindungan keselamatan dan keamanan bagi pengendara lalu lintas.

baca juga :   Kapolda Jatim bersama Forkopimda Kunjungi Sejumlah Gereja Cek Kesiapan Natal Nasional

“Pintu perlintasan dan pos jaga kereta api ini adalah ikhtiar memberi keselamatan dan keamanan pengguna jalan,” ujar Gubernur Khofifah.

Saat ini ada 22 perlintasan sebidang (perpotongan antara jalur kereta api dengan jalan) yang ada di jalan provinsi se -Jawa Timur. Dengan peresmian di perlintasan Singojuruh tersebut maka semua perlintasan sebidang di jalan provinsi, kini sudah dilengkapi fasilitas keamanan yakni berpalang pintu dan dilengkapi pos jaga.

Gubernur juga mengajak semua pemerintah daerah di Jatim, untuk melakukan percepatan melengkapi fasilitas keamanan di perlintasan sebidang.

baca juga :   Gubernur Melepas Keberangkatan Jamaah Haji Kloter I Embarkasi Surabaya

Sementara itu, Bupati Ipuk berterima kasih atas fasilitas perlintasan sebidang tersebut. Ipuk menyebut ini sangat bermanfaat dalam memberikan keselamatan bagi pengendara lalu lintas di Banyuwangi.

“Alhamdulilah menjelang liburan Nataru (natal dan tahun baru) masyarakat akan semakin aman dalam berkendara terutama di musim liburan. Terima kasih sekali lagi pada Gubernur dan Pemprov Jatim,” ujar Ipuk.

Tahun ini Banyuwangi mendapatkan bantuan pembangunan pos jaga dan pintu palang KA dari Pempov Jatim untuk tiga titik lokasi perlintasan sebidang di jalan Kabupaten. Pada 2024 mendatang juga akan mendapat bantuan dari Kementrian Perhubungan untuk pembangunan fasilitas yang sama di tiga lokasi lainnya.

baca juga :   APBD Jatim 2024 Resmi Disahkan dan Disetujui DPRD - Pemprov

Ipuk menyebut, bahwa Pemkab Banyuwangi terus berupaya melengkapi fasilitas keamanan semua perlintasan sebidang yang ada di Banyuwangi.

“Kami akan terus melakukan melengkapi semua perlintasan KA, termasuk juga memberdayakan sukarelawan keamanan untuk menjaga perlintasan.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com