Ini Profil Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono

JAKARTA, TN – Merujuk pada Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/81/I/2019 Tertanggal 25 Januari 2019 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, jabatan Panglima Kodam (Pangdam) Jaya resmi diserahterimakan dari Mayjen TNI Joni Supriyanto kepada Mayjen TNI Eko Margiyono.

Berikut profil singkat sang Pangdam Jaya yang baru.

Mayjen TNI Eko Margiyono lahir pada 12 Mei 1967 di Semarang, Jawa Tengah merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989 dari Kecabangan Infanteri. Usai menamatkan pendidikan Komando angkatan 60, ia ditugaskan dilingkungan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD.

Di Korps Baret Merah ini, selepas menamatkan pendidikan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) di tahun 2002 Eko sempat menjabat sebagai Komandan Batalyon 32/Apta Sandhi Prayudha Utama, Grup-3 Kopassus.

Lama berkarir di Kopassus, Eko tercatat lulus mengikuti pendidikan/kursus terjun payung untuk kategori Pandu Udara dan Free Fall, Kursus Sandi Yudha hingga DIRAC/PA Analis.

Untuk penugasan, ia sudah menjalani medan penugasan ‘wajib’ bagi personel TNI, yakni Timor-Timur, Irian Jaya (Papua) dan Aceh. Penugasan ke sejumlah negara di Asia, Eropa dan Amerika, juga pernah ia jalani.

Karier suami dari Atiek Eko Margiyono ini, terus melesat memasuki tahun 2010. Sempat didapuk sebagai Asisten Teritorial Kepala Staf Divisi Infanteri-1/Kostrad, selanjutnya ia dipercaya menjabat sebagai Komandan Grup A Paspampres (2010-2012), Asisten Operasi Kepala Staf Kodam Jaya (2012-2014), serta Komandan Resort Militer (Korem) 061/Surya Kencana, Kodam III/Siliwangi (2014).

Pangkat Bintang Satu atau Brigjen TNI diraihnya saat menjabat sebagai Komandan Korem 033/Wira Pratama, Kodam I/Bukit Barisan (2014-2015). Berikutnya, Eko Margiyono dipercaya menduduki jabatan Wakil Asisten Operasi Kepala Staf TNI AD (2015-2017), serta Kepala Staf Kodam Jaya (2017).

Masih di tahun 2017, tepatnya 27 Oktober 2017, Eko Margiyono memeroleh promosi untuk menjabat Gubernur Akademi Militer (Akmil) dan mendapatkan kenaikkan pangkat menjadi Mayjen TNI dengan dua bintang di pundak.

Setahun menjabat sebagai Gubernur Akmil, Mayjen TNI Eko Margiyono dipercaya untuk menjabat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) ke-30 Kopassus pada (2018-2019), dan saat ini menduduki jabatan Panglima Kodam Jaya ke-33.

Atas dedikasi dan pengabdiannya, Mayjen TNI Eko Margiyono diganjar sejumlah penghargaan dari negara di antaranya Satya Lencana Seroja, Satya Lencana GOM IX/Raksaka Dharma, Satya Lencana Dharma Nusa dan Satya Lencana Dwija Sistha. (Boy)

 3,998 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.