DEPOK  

JJ Rizal: Indonesia Krisis Nilai, Termasuk Depok

Depok, Transnews.co.id – Sejarawan asal Depok, JJ Rizal mengungkapkan pentingnya Ngaji Budaya. Menurutnya, Ngaji Budaya adalah mengkaji, berpikir ulang posisi kebudayaan sebagai alat survive.

Ia menambahkan, kebudayaan bisa menjadi alat survive karena ada nilai-nilai yang diperlukan hari ini. Dirinya menegaskan, Problem besarnya adalah bukan hanya di Depok di banyak tempat di Indonesia terjadi krisis nilai.

“Misalnya Depok sampai hari ini tidak bisa merumuskan sebagai Kota. Nilai apa sih yang ingin diajukan nilai Urban, Betawi. Kenapa sampai tidak ada jawaban? Karena tidak ada pengetahuan tentang nilai. Depok Itu Kota yang identik dengan air,” kata JJ Rizal seusai acara Ngaji Budaya, Joglo Nusantara, Situ Pengasinan.

“Hari ini mayoritas situ itu rusak ada nilai penting dari artefak yang penting sebagai penunjuk nilai identitas atau budaya,”ujarnya.

Menurutnya, secara historis Depok juga sebagai Kota sains karena pernah punya sejarah denganCornelis Chastelein sebagai sains. Namun, keberadaannya lebih dikenal sebagai seorang penginjil atau penyebar agama.

Ia menilai, kondisi tersebut sebenarnya tidak belajar pengetahuan tentang siapa Chastelein. Seharusnya kata JJ, Depok itu bisa menjadi kota yang menghargai Sains. Paling tidak tanpa harus ke Chastelein, melihat UI pemicu perkembangan.

“Kita ingin melihat Kota Depok memberi ruang lebih. Banyak problem nilai di Depok, menurut saya tidak mau ngaji budaya kayak begini. Jadi posisinya penting buat Kota Depok,” terangnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com