Kemenag RI, Lebaran Idul Fitri Jatuh Pada Hari Kamis 13 Mei 2021

Jakarta,transnews.co.id- Hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada Kamis 13 Mei 2021.Keputusan tersebut setelah Kementerian Agama menggelar sidang Isbat di gedung Kemenag Jakarta Selasa malam (11/5/2021).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa berdasarkan hisab, posisi hilal minus, maka penetapann 1 Syawal diistikmalkan disempurnakan 30 hari sesuai hasil sidang isbat tadi.

“Diharapkan perayaan Idul Fitri secara bersama-sama,” kata Menag.

baca juga :   Setiap Kelurahan di Kecamatan Pancoran Jaksel, Tiga Orang Dilatih Pemulasaran Jenazah Pasien Covid

Sementara itu,Pakar astronomi dari Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya sebelumnya menegaskan tidak ada referensi empirik visibilitas atau ketampakan hilal 1 Syawal 1442 H yang teramati di seluruh wilayah Indonesia pada Selasa (11/5/2021).

“Semua wilayah Indonesia memiliki ketinggian hilal negatif antara minus 5,6 sampai dengan minus 4,4 derajat. Hilal terbenam terlebih dahulu dibanding matahari,” terang Cecep.

baca juga :   Jelang Idul Fitri, SSB, Sehaty dan Konas Menwa Gelar Bakti Sosial

Dia menuturkan, Kementerian Agama melakukan pengamatan hilal di 88 titik di seluruh Indonesia.

Sedangkan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sebelumnya memastikan bulan Ramadan 2021 berlangsung genap 30 hari, sehingga Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah akan jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

“Jadi pasti Ramadan 30 hari, Idul Fitri jatuh pada 13 Mei,” ucap Ketua LAPAN Thomas Djamaluddin.(*)Editor:Nas

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com