Ketua DPRD Jatim Bantu Warga Korban Banjir di Tanggulangin Sidoarjo

Sidoarjo, Transnews.co.id – Prihatin musibah banjir yang menimpa warga Desa Kedungbanteng Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Ketua DPRD Jatim Kusnadi serahkan 400 paket bantuan sembako, Selasa (9/3/21) sore.

Bersama Kepala Desa Kedungbanteng, Kusnadi yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim tersebut, langsung menyerahkan paket bantuan kepada warga yang terdampak. Bahkan,Kusnadi juga meninjau lokasi banjir tersebut.

“Diantara semua kebutuhan masyarakat terdampak musibah banjir ini, yang paling mendesak adalah kebutuhan pangan. Sembari bertahap, kita juga akan memfasilitasi kebutuhan air bersih layak minum untuk warga,” ujar Kusnadi.

“Nanti dalam waktu dekat, bersama warga kita akan gotong royong mencari solusi atas musibah yang sering terjadi dalam beberapa tahun ini, ” lanjutnya dikonfirmasi di DPRD Jatim, Rabu (10/3/2021).

Kusnadi saat berdialog dengan warga yang terdampak disela pemberian bantuan, juga mendapatkan keluhan terkait jalan utama desa yang menjadi penopang aktivitas sehari-hari rusak parah, ratusan hektar sawah dan ratusan ton ikan di tambak gagal panen.

“Selain itu, akibat banjir, banyak lapak dagang masyarakat juga turut tenggelam. Sehingga, menghentikan aktivitas perekonomian warga,” ujar Zainul, salah satu okoh Masyarakat Tanggulangin.

Zainul juga berharap, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dapat sigap untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat, yang sudah selama satu bulan bertahan hidup ditengah musibah banjir.

“Pemkab seharusnya menurunkan dinas terkait untuk hadir dan meninjau situasi serta kondisi secara langsung. Kebutuhan seperti popok serta susu formula untuk bayi, salah satu kebutuhan yang sering masyarakat keluhkan,” ujarnya.

“Selain itu juga, yang tak kalah penting adalah normalisasi kali. Dan pembuatan pintu air di muara sungai yang menjadi jalur terakhir air menuju laut. Semoga di dengar,” lanjutnya.

Menanggapi keluhan warga tersebut, Kusnadi berjanji akan segera menindaklanjuti ke Pemprov Jatim dan Pemkab Sidoardjo.

“Saya akan minta agar persoalan ini segera mendapat atensi dinas terkait Pemprop Jatim untuk lakukan koordinasi dengan Pemkab Sidoarjo. Saya berharap secepatnya ada penanganan. Kasihan warga jika tidak segera ditangani,”pinta Kusnadi.

Seperti diketahui, pemberian bantuan tersebut dilakukan Kusnadi untuk menindaklanjuti keluhan warga saat kegiatan reses I DPRD Jatim yang dilakukan beberapa waktu lalu di Tanggulangin, Sidoarjo Rabu (03/03/2021) lalu.

Dimana saat itu Herman, salah satu warga terdampak, memanfaatkan kesempatan itu untuk menyampaikan kondisi desanya yang sedang tertimpa musibah banjir.

Dia bercerita, dalam tiga tahun terakhir, desanya selalu tenggelam tatkala sedang terjadi intensitas hujan tinggi, dan naiknya volume air laut.

“Kedalaman air rata-rata mencapai 60 Cm, merendam pemukiman warga di tujuh RT. Dan dampak yang paling parah adalah di RT 03, 05, 06, di sini banjir mencapai satu meter menenggelamkan rumah bagi 390 Kepala Keluarga,” ungkapnya saat itu. (HD)Editor:Nas

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com