Kominfo RI dan Jatim Bahas Kiat Sukses Mengelola Podcast

Kadis Kominfo Provinsi Jawa timur Sherlita Ratna Dewi Agustin, saat memberikan sambutan pada Bimtek Mengelola Podcast di Surabaya, Rabu (20/9/2023)
Kadis Kominfo Provinsi Jawa timur Sherlita Ratna Dewi Agustin, saat memberikan sambutan pada Bimtek Mengelola Podcast di Surabaya, Rabu (20/9/2023)

SURABAYA, transnews.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur mengundang humas kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam bimbingan teknis (bimtek) bertajuk “Kiat Sukses Mengelola Podcast”, di Surabaya, Rabu (20/9/2023).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin, mengawali paparannya dengan menerangkan, laporan we are social menyebut pengguna internet di Indonesia saat ini sejumlah 212,9 juta jiwa atau sekitar 77 persen dari total penduduk Indonesia.

Sedangkan pengguna media sosial di Indonesia sebanyak 167 juta jiwa atau sekitar 60,4 persen dari total populasi. Saat ini akses media sosial juga tinggi, 4 dari 10 penduduk Indonesia memiliki akun media sosial lebih dari satu.

baca juga :   Kominfo Jatim Bersama Dispen Koarmada II Surabaya Siap Tingkatkan SDM Digital

Waktu akses internet masyarakat Indonesia, lanjut Sherlita, juga sangat tinggi, yaitu 7 jam 42 menit dalam sehari. 3 jam 18 menit di antaranya digunakan untuk mengakses media sosial.

“Akses internet yang tinggi dan jenis platform media yang semakin beragam menjadi perhatian pemerintah untuk terus adaptif. Podcast ini merupakan salah satu kanal publikasi yang bisa digunakan untuk menyampaikan program dan kebijakan. Kita bisa bercerita prosesnya, target sudah terpenuhi atau belum, dan kisah-kisah di baliknya yang menarik dan diminati Masyarakat,” tutur Kadis Sherlita.

baca juga :   Pimpin Rapat, Sekda Seruyan Bahas Pengelolaan Interkoneksi Internet

Senada, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Hasyim Gautama, juga menjelaskan perlunya mengoptimalkan pengelolaan informasi dengan semua jenis kanal publikasi yang ada, termasuk Podcast.

“Apalagi podcast punya tren meningkat dan banyak digandrungi Gen Z. Dari sisi konten juga menarik, bisa banyak diskusi, disajikan santai. Jadi semoga bimtek ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita untuk mengelola podcast yang digemari masyarakat,” jelas Hasyim Gautama.

baca juga :   Kadis Kominfo Jatim Berkunjung ke KPU Jatim

Hadir sebagai narasumber adalah Produser Podkabs, yang merupakan podcast kabinet dan Sekretariat Kabinet RI, Sherin Novira Dewi Avfianty serta Subkoordinator Media Publik Dinas Kominfo Jatim yang juga mengawal podcast “Ruang Informasi” milik Dinas Kominfo Jatim, Lenny Martarina.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com