Lonyenk Rap, Pendobrak Dunia Film Kalbar

TN.KALBAR l – Seniman muda Lonyenk Rap, yang selama ini dikenal sebagai novelis tiba-tiba mendobrak dunia film di Kalimantan Barat (Kalbar). Film hasil besutannya, Lawar, mampu membius penonton di Kalbar sebagai film yang diminati.

“Saya nggak menyangka sekali kalau film Lawar diminati penonton. Tiap tayang tidak kurang dari 300 penonton yang antri beli tiket,” ungkap Lonyenk, senin (4/3/19).

Dibawah bendera MemoArt, film Lawar yang berdurasi 90 menit bergendre komedi. Lonyenk sendiri, selama ini dikenal sebagai penulis komedi yang cukup digemari. Dengan modal sebagai penulis itulah, akhirnya Lonyenk bersama tim kreatifnya mencoba mengagas idenya untuk sebuah film. Bahkan film Lawar skenario dan sutradaranya digarap oleh Lonyenk sendiri.

“Sebenarnya ini bukan film perdana saya. Tetapi film kedua. Sebelumnya kita menggarap film Tembawang, tetapi memang boomingnya tidak seperti film Lawar,” terang Lonyenk.

Dengan berhasilnya film Lawar yang diminati penonton di Kalbar, tidaklah membuat Lonyenk besar kepala. Meski begitu, rekan-rekannya banyak yang menjuluki Lonyenk sebagai pendobrak film lokal dengan kemasan nasional.

Lonyenk Rap.

Film Lawar sendiri, bukan sekadar film komedi, tetapi juga ada pesan yang terkadung didalamnya. Dimana modal anak muda sekarang bukan hanya sekadar cantik, ganteng atau banyak uang, tetapi juga harus pintar.

“Sebenarnya gagasan cerita dan filmnya sih serius banget, bagaimana pesan untuk menjadi pintar itu penting. Namun karena kita mau menyampaikannya dengan santai dan cenderung komedi, eh malah digemari,” ungkap Lonyenk yang juga seorang penyiar dan penyanyi.

Jejak Lonyenk dalam dunia film tak berhenti hanya di Lawar, seniman lokal dengan pergaulan seni nasional ini berencana akan terus berkarya. Dalam waktu dekat Lonyenk dan kawan-kawannya akan kembali menyiapkan film barunya.

“Tidak harus komedi, apa pun akan kita garap, semua demi perfilman Indonesia. Kami dari Kalbar akan menyumbangkan karya seni untuk bangsa ini,” pungkas Lonyenk.*** (PG)

Lonyenk bersama tim Lawar.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com