Masyarakat Desa Cikesal Gempol Cirebon Gelar Tradisi Sedekah Bumi

Pagelaran Wayang Kulit puncak acara tradisi sedekah bumi di Desa Cikesal Gempol Cirebon. (Photo-Gun)
Cirebon, TransNews.co.id- Masyarakat Desa Cikeusal Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon Jawa Barat melaksanskan acara tradisi tahunan syukuran sedekah bumi.

Tradisi syukuran sedekah bumi berlangsung di Aula Desa Cikeusal, Minggu (4/10/2020) sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan berbagai kenikmatan kepada masyarakat di Desa Cikeusal.

Menurut Kepala Desa Cikeusal Dedi Karsono, disela sela kegiatan sedekah bumi menjelaskan, tradisi sedekah bumi bagian dari melestarikan budaya lokal yang merupakan tanggung jawab bersama masyarakat dan pihak-pihak yang berkompeten untuk menjaga tradisi agar tidak punah tergilas arus globalisasi,”ujarnya.

Dedi mengatakan dimasa pandemi Covid-19 saat ini, bukanlah halangan untuk mengimplementasikan pelestarian tradisi (budaya) lokal.

“Karena dengan adanya pandemi covid-19 bukan berarti melumpuhkan sendi-sendi kehidupan, akan tetapi lebih pada meningkatkan kedisiplinan perilaku hidup sehat,”katanya.

Kegiatan tradisi sedekah bumi, lanjut Dedi Karsono pihaknya hanya memfasilitasi karena yang memiliki hajat adalah masyarakat.

“Kami siapkan tempat dan dukungan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” tuturnya.

Ia berharap dengan dilakukannya acara syukuran sedekah bumi akan tumbuh kesadaran masyarakat untuk senantiasa mensyukuri atas nikmat yang telah diberikan Sang Maha Kuasa.

“Dengan bersyukur,semoga masyarakat Desa Cikeusal semakin sejahtera dan berkah”, harapnya.

Sebagai pelengkap acara seperti tahun-tahun sebelumnya pada malam hari dipentaskan pergelaran wayang kulit Langen Purwa dengan dalang Ki Anung dan sinden Hj. Iwi S. dari Lojikobong Majalengka.

Rangkaian kegiatan tradisi sedekah bumi sebelumnya didahului dengan kegiatan doa bersama,sebagai ungkapan syukur nikmat panen berlimpah. (Gun)Editor:Nas

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com