Minggu ke 28, Perolehan Progres Fisik pekerjaan Pembangunan Jaringan Perpipaan SPAM Kabupaten Gresik Capai 60, 98%

Para pekerja PT Gala Karya Gresik sedang menggali dan menanam pipa HDPE untuk jaringan air minum di Kabupaten Gresik

GRESIK, transnews.co.id – Transnews.co.id – Minggu ke 28, perolehan progres fisik pekerjaan pembangunan jaringan perpipaan Sistim Penyediaan Air Minum (SPAM) Kabupaten Gresik mencapai 60, 98 persen..

Sebagaimana disampaikan Prastyo koordinator pelaksana lapangan PT. Gala Karya pada Transnews di lapangan, Sabtu (14/5/2022) siang, bahwa pelaksanaan pekerjaan pembangunan jaringan perpipaan air minum di Kabupaten Gresik sedang on going. Dengan perolehan progres fisik pekerjaan di lapangan sudah mencapai 60,98%.Dari target rencana kerja 51,14 % dan deviasi 9,84 persen, sedang rencana provisional hand over (PHO) bulan Agustus 2022. terang Prastyo.

Prastyo menambahkan, bahwa kami dilapangan dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan metode pekerjaan yang ditentukan, yaitu sesuai standar operasional pelaksanaan yang ada, tambahnya.

Masih menurut Prastyo, bahwa item pekerjaan mayor pada pembangunan jaringan perpipaan air minum di Kabupaten Gresik ini adalah penggalian, penanam dan penyambungan pipa HDPE (high denssity polyethilene) di sepanjang sekitar 8.365 meter.katanya.

Sedang kendala dilapangan, adalah ketika kita sedang melakukan penggalian untuk penanaman pipa HDPE, ternyata dibawahnya ada ada ditemukan kabel optik, atau jaringan pipa air minum milik warga. Tentunya hal tersebut membuat kami harus ekstra hati-hati dalam menggali tanah untuk menanam pipa HDPE tersebut, karena kita menggalinya menggunakan alat berat excavator, tutur Prastyo.

Suparman tokoh masyarakat setempat membenarkan, bahwa disepanjang jalan depan rumahnya yang sedang ada proyek penggalian untuk penanaman jaringan pipa Spam HDPE tersebut, banyak tertanam kabel optik milik Telkom,dan saluran pipa milik warga.

Namun demikian, kami berharap semoga proyek jaringan perpipaan air minum di Kabupaten Gresik ini segera ke selesai, sehingga kami bisa mendapatkan air bersih untuk untuk dikonsumsi dengan mudah, sebab di daerah sini untuk mengebor atau membuat sumur pompa sangat dalam hingga 40 meterpun kadang sumber mata air nya belum kelihatan.tururnya.

Pantauan Transnews dilapangan, Sabtu (14/5/2022), tampak sedang berlangsung kegiatan penggalian tanah menggunakan eksavator berukuran kecil untuk menanam pipa HDPE, begitu juga dengan para pekerja yang menggunakan rompi berwarna oranye sedang melaksanakan aktivitas nya masing-masing, dan ada sebagian yang sibuk mengatur lalulintas.

Dilain pihak, Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah I Provinsi Jawa Timur, Balai Prasarana Permukiman Jawa timur, Denny Kumara, ST.,MT, saat dikonfirmasi tentang paket pekerjaan Pembangunan Jaringan Perpipaan SPAM Kabupetn Gresik yang sedang berlangsung tersebut mengatakan, “Kami berharap kontraktor pelaksana pekerjaan tersebut, dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan selesai tepat waktu, sehingga nantinya bisa memberikan manfaat berupa peningkatan layanan air minum khususnya di Kabupaten Gresik.tegasnya.

Diperoleh informasi, bahwa pada tahun anggaran 2021 – 2022 Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat ( Kementerian PUPR) mengalokasikan anggaran pada Balai Prasarana Permukiman Jawa timur sebesar Rp 27,8 milyar untuk paket kegiatan pekerjaan konstruksi Pembangunan Jaringan Perpipaan SPAM Kabupaten Gresik. Yang sumber dananya berasal dari Natrional Urban Water Suplly Project (NUWSP) Dengan masa Pelaksanaan 300 hari kalender, dengan nomor kontrak: 13/PPK.AMI/APBN/2021.

Tanggal mulai Pelaksanaan: 27 Oktober 2021. Tanggal selesai 22 Agustus 2022. Nilai Kontrak Rp.27.823.590.000,-. Penyedia Jasa PT. Gala Karya. Konsultan Supervisi PT. CIRIAJASA EC. (hd)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com