Mulai 1 Juni PT KAI Luncurkan 5 KA Baru, Rute Terjauh Jakarta – Jember

JAKARTA, transnews.co.id || Mulai 1 Juni 2023 PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan lima kereta api (KA) baru. Hal itu disampaikan VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Sabtu (13/5/2023).

Lima KA baru itu adalah KA Pandalungan relasi Gambir – Jember pp, KA Argo Semeru relasi Gambir – Surabaya Gubeng pp, KA Argo Merbabu relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng pp, KA Manahan Gambir – Solo Balapan pp, dan KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan pp.

Joni menjelaskan dari lima KA baru itu, ada satu KA yang melayani rute baru, yaitu KA Pandalungan. Kereta yang namanya diambil dari sub suku Madura itu menawarkan rute Gambir – Jember pp pada kelas eksekutif.

baca juga :   Musda Ke- VI DPD Gebu Minangkabau Jatim diwarnai Interupsi

‘Rute ini merupakan rute perdana yang menawarkan perjalanan langsung dari Jakarta menuju Jember lewat Semarang dan Surabaya tanpa transit, sekaligus akan menjadi kereta api dengan rekor jarak tempuh terjauh.” ujarnya.

Sementara, KA Argo Semeru, KA Argo Merbabu, KA Manahan, dan KA Banyubiru menawarkan alternatif perjalanan kereta api kelas eksekutif pada rute-rute favorit yang telah ada sebelumnya.

Joni juga merinci lima KA itu akan melayani penumpang berbagai kelas. KA Pandalungan, KA Argo Merbabu, dan KA Manahan terdiri dari 8 gerbong eksekutif, KA Argo Semeru terdiri dari 9 gerbong eksekutif serta KA Banyubiru terdiri dari 4 gerbong eksekutif dan 3 gerbong ekonomi.

baca juga :   PPPK Guru Kabupaten Semarang Tandatangani Perjanjian Kerja

“Pada tahap awal, KA Pandalungan, KA Manahan, dan KA Banyubiru akan beroperasi hanya pada akhir pekan. Sementara KA Argo Semeru dan KA Argo Merbabu akan beroperasi setiap hari.” katanya.

Selama Juni 2023 nanti KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas pada KA Pandalungan seharga Rp 300.000, KA Argo Semeru seharga Rp 250.000, KA Argo Merbabu Rp 200.000, KA Manahan seharga Rp 200.000 serta KA Banyubiru kelas eksekutif Rp 30.000 dan kelas ekonomi Rp20.000.

baca juga :   PT KAI Bekerja Sama Dengan Perumda Tirta Intan Garut Lakukan Monitoring Pipa Tertanam di Jalur Kereta Api

“Masyarakat yang berminat untuk naik KA baru itu sudah bisa mulai memesan tiketnya pada aplikasi KAI Access, web kai.id, atau chanel eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI.” tandas Joni **

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com