Musrenbang Kecamatan Talegong Prioritaskan Penanganan Insprastuktur Pasca Bencana

Garut, TransNews.co.id Pemerintah Kecamatan Talegong Kabupaten Garut Jawa Barat menggelar kegiatan Musrenbang anggaran tahun 2022.

Kegiatan Musrenbang mengambil tema Pemulihan Ekonomi Dan Pembangunan lnfrastruktur Serta Penguatan Pelayanan Publik Untuk Kesejahteraan Masyarakat itu berlangsung di Gedung Olah Raga PGRI Kecamatan Talegong, Jum’at (5/2/2021).

Camat Talegong Frederico Fernandes S,STP dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kecamatan Talegong mempunyai potensi Sumber Daya Alam (SDA) Dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup untuk mengembangkan kemajuan wilayah. Ini salah satu point penting,”jelasnya.

Menurutnya Kecamatan Talegong memiliki Sumber Daya Alamnya yang luas, dengan luas wilayah sekitar 9896 Hektar. Masih terdapat beberapa tempat dan lahan untuk pengembangan seperti sektor wisata dan pengelolaan sektor pertanian.

“Salah satu potensi hasil bumi dari kecamatan Talegong adalah potensi gula aren,dimana kecamatan Talegong memiliki hampir sekitar 257 petani aren,dan hasil kualitasnya bagus untuk dipasarkan serta potensi hasil bumi lainnya,” ungkapnya.

Ditambah Camat, Talegong juga mempunyai destinasi wisata yang bagus untuk dikembangkan dan akan menjadi pusat tujuan wisata yang masih memerlukan sentuhan dari pemerintah.

Sumber Daya Manusia Kecamatan Talegong dengan memiliki jumlah penduduk sebanyak 32.288 jiwa atau sebanyak 12232 KK.Memiliki sarana dan prasana pendidikan dan kesehatan yang cukup,sekalipun masih terdapat kekurangan dari beberapa fasilitasnya.

Selain itu mempunyai ragam budaya dan kesenian tradisional yang harus dilestarikan,serta memiliki karakter semangat goyong royong yang cukup besar sehingga dapat dipertahankan untuk kemajuan pembangunan,”ujarnya.

Dalam paparan lainnya Camat juga membahas rencana pembangunan Kantor Kecamatan baru.

“InsyaAllah pembangunannya akan dimulai tahun 2021,dimana bulan Februari-Maret ini sudah masuk kedalam tahapan lelang tender,”katanya.

Camat juga menyampaikan,bahwa target usulan pembangunan kita yang paling diprioritaskan yakni penanganan dan penataan infrastruktur pasca bencana, peningkatan pengembangan serta pemindahan kapasitas jalan kabupaten di 5 desa antara Desa Sukamulya hingga Desa Mekarmukti yang merupakan poros jalan kabupaten.

“Selain itu rencana pemindahan Puskesmas Talegong, karena posisi yang sekarang kurang memadai,sehingga sulit dalam mengembangkan pelayanan terhadap masyarakat,serta masih terdapatnya kekurangan seperti akses yang sulit dan tidak adanya lahan parkir untuk kendaraan,”tutur Camat.

Selanjutnya usulan yang masuk kedalam skala prioritas pengembangan pembangunan alun-alun kecamatan Talegong yang mana rencana pembangunannya sempat mengalami penundaan.

“Hal ini terjadi dikarenakan efisiensi anggaran untuk penanganan masalah pandemi covid-19. Semoga pada tahun 2022 dapat terealisasi. Selain itu target utama pembangunan yang merupakan usulan dari masing-masing Desa,tetap menjadi prioritas utama kita,”pungkasnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Garut Agus Ismail ST.,MT dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Musrenbang ditingkat kecamatan Talegong ini bisa dilaksanakan dengan baik,karena sebelumnya sudah dilakukan tahapan-tahapan sesuai dengan tema diatas bahwa kita akan fokus terhadap proses percepatan pembangunan ekonomi dan pembangunan infrastruktur serta penguatan pelayanan publik untuk kesejahteraan masyarakat.

Dimana,sebelumnya sudah disampaikan oleh Pak Camat dalam paparannya bahwa Talegong mempunyai potensi yang cukup besar dari sektor pertaniannya.

“Tentu saja kita akan kemas,ditambah dengan pembangunan infrastruktur,karena mau tidak mau bahwa pertumbuhan ekonomi itu membutuhkan infrastrukturnya yang baik,”jelasnya.

Dikatakannya kita sangat mengapresiasi apa yang tadi difokuskan oleh Pak Camat dengan beberapa stakeholder pembangunan ditingkat kecamatan termasuk para kepala desa yang telah menyepakati beberapa program,diantaranya termasuk program pembangunan poros jalan antar desa,poros jalan antar kecamatan,poros jalan antar kabupaten,dan itu tentu saja akan menjadi prioritas di tingkat kabupaten.

Terkait rencana pembangunan Kantor Kecamatan Kepala Bappeda Agus Ismail ST,MT menjelaskan, Alhamdulillah ini sudah masuk di APBD 2021 dan sudah masuk kedalam proses pelelangan.

“Mudah-mudahan di akhir maret ini pembangunanya sudah bisa mulai dilaksanakan,”ujarnya.

Kepala Bappeda juga mengharapkan dengan adanya kantor Kecamatan Talegong yang baru semoga pelayanan publik terhadap masyarakat dapat semakin meningkat.
Selain itu kecamatan Talegong sebagai salah satu kecamatan yang berada diwilayah selatan paling barat

“Semoga ini bisa menjadi suatu titik tumbuh,dimana kecamatan talegong merupakan kecamatan yang berbatasan dengan kabupaten yang lain,”pungkasnya.

Kegiatan Musrenbang turut dihadiri pula oleh Koorwil Lendidikan,Para UPT, para Kades dan Sekdes seta BPD,LPM se-kecamatan Talegong.

Hadir pula anggota Dishub,ormas KNPI,TKSK,Tokoh Masyarakat,Tokoh Pemuda serta pejabat Forkopimcam lainnya.(Yan Fajari) Editor:Nas

 318 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

id Bahasa Indonesia
X