Pangdam III Siliwangi Tinjau Urban Farming di Subang

Subang,TransNews.co.id-Pangdam III Siliwangi didampingi Bupati Subang serta Dandim 0605 Subang meninjau berbagai hasil budidaya pertanian dan perikanan di area Subang Urban Farming, Rabu (27/1/2011) di Markas Kodim 0605 Subang.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam Siliwangi berkeliling Subang Urban Farming yang digagas oleh kodim 0605 Subang,

Berupa lahan produktif yang berisi berbagai budidaya diantaranya budidaya ikan, buah, bunga, magot, jamur hingga lebah.

“Tiap kolam berisi seribu bibit ikan” terang Dandim Subang saat memaparkan area budidaya ikan.

Yang menarik perhatian dalam kunjungan tersebut adalah keberadaan pohon varietas mangga Jimat Siliwangi, “jimat diambil dari kata kang jimat siliwangi dari Kodam III siliwangi,” imbuh dandim.

Adapun varietas mangga yang dimaksud adalah mangga irwin dan mahatir. Selain untuk dikonsumsi kedua varietas mangga unggulan ini memiliki manfaat kesehatan diantaranya mangga irwin dapat meningkatkan kekebalan tubuh, baik untuk tulang dan pasien diabetes, anemia dan anti kanker.

“Sementara mangga mahatir bermanfaat untuk pencernaan, kesehatan hati, mata, kulit, rambut dan mengurangi resiko kanker,”jelas Dandim.

Terkait masa panen hormon perangsang mangga irwin akan bereaksi sekitar kurang dari 3 tahun, jika ditanam dari hasil okulasi atau cangkok akan berbuah setelah berumur 2-4 tahun.

Sedangkan untuk mangga mahatir yang termasuk dalam tipe genjah mulai berbuah rata-rata pada usia 3-4 tahun namun jika dirawat dengan baik tanaman bisa produktif lebih cepat sekitar 1-!2 tahun.(Ful) Editor:Nas

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com