Pemerintah Papua Upayakan Sektor Pembangunan Pendidikan dan SDM Lebih Baik

JAKARTA, transnews.co.id – Rektor Univ. Islam Negeri/UIN Jakarta Prof. Dr. Amany Lubis, Lc, MA optimis masa depan Papua lebih baik dalam pembangunan sektor Pendidikan. Dirinya mengapresiasi Pemerintah dalam upaya membangun gedung sekolah, membangun atau membuka Perguruan Tinggi baru di Papua. “Upaya Pemerintah dalam pembangunan di sektor Pendidikan dan SDM akan membuat Papua lebih baik ke depan,” ujarnya seusai menjadi narasumber dalam Webinar Understanding Papua” Series #1 Thema: ”Future Education in Papua”.

Menurutnya, Propinsi Papua dan Papua Barat masuk kategori Daerah 3 T (terluar, tertinggal dan terdepan). Pemerintah Indonesia secara khusus memberikan fasilitas yang sama.Dalam upaya meningkatkan kualitas Pendidikan dan SDM harapannya agar Sampai pada tujuan pencapaian pembangunan Milenium (Millenium Development Goals /MDGs) akan tercapai. “upaya Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dengan digitalisasi dan peningkatan dalam literasi,maka Papua akan menjadi lebih maju. Tujuan semua ini adalah menyiapkan orang Papua agar menjadi agent of exchange (agen perubahan),”terangnya.

Dirinya mengapresiasi upaya Pemerintah agar masyarakat di Papua bisa memperoleh pendidikan lebih tinggi dari beragam disiplin ilmu,mulai dari antropologi, sosial budaya, pertambangan, teknik, agama dan lainnya,sehingga ketika kembali ke Papua bisa membangun Papua dengan mengelola Sumber Daya Alamnya serta meningkatkan sektor wisata. “Alam Papua sangat kaya bidang wisata, etnik dan buddaya,Alapalagi saat ini banyak beasiswa yang ditawarkan bagi pelajar Papua seperti: LPDP, bidik misi, afirmasi, ADEM, ADIK atau dari NGO, dan lainnya,”terangnya.

Dalam mendukung upaya tersebut perlu adanya kolaborasi dengan pemerintah daerah. Salah satunya, dengan upaya peningkatan kapasitas hidup melalui peningkatan kesejahteraan dan ekonomi.

Pembangunan menggunakan pendekatan kearifan lokal Papua agar menjadi lebih baik, apalagi ada kampus STPDN Papua, bisnis di Sorong, IAIN di Jaya pura dan Sorong. Tentunya dengan penguatan Pancasila dan UUD 45, generasi muda Papua akan maju ke depan.

Webinar ”UNDERSTANDING PAPUA” Series #1
Thema: ”Future Education in Papua”
Narasumber/Speakers:
1. Prof. Dr. Amany Lubis, Lc, MA (Rektor Univ. Islam Negeri/UIN Jakarta)
2. Dr. Freek Colombijn (Associate Professor at Vrije Universiteit Amsterdam)
3. Dr. Rosmaida Sinaga (Dosen Universitas Negeri Medan/UNM).

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com