Penampilan Tari Ratoh Jaroe Aceh Di Magelang

TN.MAGELANG l — Pagelaran Borobudur Internasional Arts and Performance Festival 2019 memasuki hari kedua. Dilaksanakan di Magelang, Jawa Tengah, sejak 5 hingga 7 Juli 2019, kegiatan tersebut menampilkan berbagai kegiatan kebudayaan baik dari daerah di Jawa Tengah sendiri, Provinsi Aceh, DKI Jakarta dan daerah lainnya termasuk dari luar negeri.

Malam ini, gemuruh tepuk tangan ratusan pengunjung yang memadati Internasional Arts and Performance Festival 2019 memadati Candi Pawon di Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Dusun 1, Magelang, Jawa Tengah tak henti-hantinya, terutama saat para pengunjung menyaksikan penampilan tari Ratoh Jaroe dari Provinsi Aceh.

“Kita patut bersyukur bahwa tarian dari Aceh disukai oleh berbagai kalangan. Pengunjung tampak terkesima dan itu terlihat dari wajah mereka,” ujar Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal, Sabtu, 6 Juli.2019.

Dia mengatakan, delegasi kebudayaan yang dikirim untuk mengikuti kegiatan itu adalah putra-putri terbaik dari Aceh. Mereka saat ini konsisten untuk ikut meramaikan kegiatan kebudayaan, termasuk tampil pada ajang bergengsi Borobudur Internasional Arts and Performance Festival 2019.

“Yang tadi di atas panggung menampilkan tari Ratoh Jaroe adalah anak-anak kita Aceh yang tengah menimba ilmu di luar. Mereka adalah aset Aceh yang patut diperhatikan,” jelas dia.

Borobudur Internasional Arts and Performance Festival 2019 adalah kegiatan tahunan Dinas Kepemudaan Pariwisata, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah. Provinsi Aceh sendiri menjadi salah satu daerah yang mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara itu.

Mengusung tema Diversity in Harmoni, Borobudur Internasional Arts and Performance menghadirkan tim kesenian terbaik daei 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Aceh sendiri mendapatkan undangan kehormatan dalam pergelaran acara tersebut.

“Tinggal satu penampilan tari dari Aceh, besok, Minggu, 7 Juli 2019 yakni tari Seudati yang akan dibawakan oleh anak-anak dari sanggar Rumoh Budaya, salah satu komunitas kesenian tari di Jakarta, dibawah binaan Badan Penghubung Pemerintah Aceh” katanya.

Dia berharap, bagi siapapun masyarkat Aceh yang ada di Magelang, diharapkan agar dapat hadir untuk menyaksikan pertunjukan tari tersebut, yang akan dilaksanakan di pelataran Candi Borobudur.*** (PG)

Tarian Ratoh Jaroe tampil memukau di hadapadan ratusan pengunjung Borobudur Internasional Arts and Performance Festival 2019 Candi Pawon di Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Dusun 1, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu, 6 Juli 2019. (Foto: BPPA/ Saifullah S)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com