Plt Walikota Jaksel Tinjau Teknologi Pengurangan Sampah Organik

Jakarta, TransNews.co.id-Untuk melihat potensi wilayah dalam menghadapi berbagai hal yang terjadi, dan cara mengantisipasinya. Plt Walikota Jaksel Isnawa Adji meninjau sejumlah lokasi di wilayah Kecamatan Pesanggrahan, Minggu (28/2/2021).

Peninjauan pertama dilakukan di Danau Cavalio. Di sini, Isnawa didampingi Camat Pesanggrahan Muh Fadjar Churniawan, para lurah, FKDM, LMK, RT, RW, Babinmas, Babinsa, melihat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berskala Mikro.

Setelah itu, peninjauan berlanjut ke Pusat Recycle Centre dengan mengoptimalkan Black Soldier Fly, atau teknologi pengurangan sampah secara organik dengan larva/maggot.

Isnawa mengatakan harapan kita memang nanti ke depan Jakarta Selatan harus punya pusat-pusat pengurangan sampah. Salah satu yang baik adalah yang organik, di mana bekas-bekas sayur, buah-buahan, dan lain itu, daripada dibuang sembarangan bisa kita olah menjadi pupuk cair.

“Bisa juga menjadi pakan ternak. Ini sangat bagus karena kandungan protein sangat tinggi,” ucap Isnawa.

Isnawa menambahkan , recycle centre di tempat tersebut bisa mengolah sekitar 500 ton sampah organik. Isnawa berharap, tempat tersebut dapat menjadi pusat pengoptimalan sampah se-Kecamatan Pesanggrahan, sehingga ke depan tidak semua sampah dibuang ke Bantar Gebang.

Terakhir Isnawa meninjau kawasan IKPN, untuk memastikan, bahwa koordinasi yang tepat dan cepat dalam menghadapi bencana yakni genangan banjir, telah tercipta dengan baik. Langkah nyata untuk pencegahan pun terlihat dengan dibuatnya bronjong di tepian sungai. Kemudian yang perlu juga dilakukan mungkin mencari lahan buat penambahan pompa stasioner.

“Jadi harapan kita nanti, ada langkah percepatan untuk pengurangan genangan air yang ada di IKPN ini, yang mungkin nanti penerapannya juga harus lebih lagi, dari batasan ketinggian air pada saat kejadian di minggu lalu,” pungkasnya.(*)Editor:Nas

 234 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

id Bahasa Indonesia
X