Proyek Irigasi P3- TGAI Kiarapedes Purwakarta Harus Diawasi

Purwakarta,transnews.co.id- Proyek bantuan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) di sejumlah Desa di Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta yang anggaranya menelan ratusan juta rupiah terlihat mulai di kerjakan.

Terkait hal itu masyarakat di minta untuk mengawasi proyek negara ini supaya dikerjakan dengan baik.

“Masyarakat berhak mengawasi proyek negara ini demi menjaga angggaran negara ini supaya tepat sasaran dan tidak asal dikerjakan.” tegas Lalan Siregar salah satu tokoh LSM di Purwakarta, Rabu (5/5/2021).

Sedangkan pengerjaan proyek terlihat di beberapa titik meliputi Desa Parakan Garokgek, Mekarjaya, Gardu, Sumbersari, Pusakamulya dan Cibeber sudah mulai dikerjakan.

Pantauan transnews di Desa Mekarjaya sedang mengerjakan irigasi pertanian di tengah lokasi persawahan namun meskipun proyek ini bernilai ratusan juta rupiah pihak pelaksana belum memasang papan proyek.

Menurut H.Said selaku pelaksana proyek mengatakan bahwa pengerjaan proyek irigasi pertanian ini baru mulai di kerjakan cuman berhubung sakit pas waktu hari Jumat pekerja sengaja diliburkan.

“Pengerjaan irigasi ini baru mulai dikerjakan kebetulan sudah sepuluh hari ini saya sakit makanya diliburkan dulu” ujar Said ketua pelaksana pada media. Rabu, (05/05/2021).

Lebih lanjut said menjelakan bahwa pengerjaan irigasi ini panjang totalnya 338 dengan ketinggian 60 cm dengan anggaran sebesar 195 juta berasal dari bantuan APBN program Kementrian pekerjaan umum perumahan rakyat (Kemenpur) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum.

“Atas bantuan ini kami petani mengaku terbantu karna irigasi ini dampaknya besar bagi kehidupan petani, atas realisasi ini kamu ucapkan terima kasih pada pemerintah pusat (BBWS) dan terimakasih pada H.Ahmad Saehu politisi PKS yang telah membantu aspirasi ini”tegas Said.

Namun berbeda dengan pengerjaan saluran irigasi pemukiman di Desa Parakan Garokgek sudah mulai di bangun oleh pelaksana P3AI Tani Husada Deden selaku ketua pelaksana.

Hal ini terlihat dari papan proyek pengerjaan, pihaknya mengaku terbantu dengan adanya program bantuan fisik ini karna pembenahan irigasi ini penting bagi pembenahan lingkungan terlebih di saat musim hujan dalam mengatasi rawan longsor,”katanya (fuljio).Editor:Nas

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com