Tambak Udang Vaname Ciwidig Cianjur Sudah Beroprasi

Cianjur,Transnews.co.id-Tambak untuk pembudidaya udang Vaname yang berlokasi di muara Ciwidig Cidaun Cianjur Jawa Barat kini sudah beroperasi.

Menurut Dwi Suprapto selaku pendamping budidaya udang vaname ditemui di lokasi Kamis (21/1/2021) menjelaskan tata cara pembudidayaan udang vaname ditambak udang.

“Intinya kami menularkan teknologi pembudidayaan udang Vaname bagi masyarakat khusunya dikecamatan Cidaun,”ujar Dwi.

Dwi menambahkan benih udang yang ditebar di tambak ini tentunya bibit udang yang berkualitas dan bersertifikat.Kolam diisi bibit udang 130 ribu ekor/kolam.

“Yang 15 kolam sudah ditanam jika di panen nanti satu kolam bisa mencapai satu ton lebih,”kata Dwi

Dwi mengungkapkan tambak udang menyediakan Ipal untuk pembuangan limbah,agar bisa di endapkan dulu ketika memanen nantinya.

“Jadi air tidak mengalir kemana mana, tentunya sudah kami persiapkan teknologinya,”paparnya.

Selain itu sambung Dwi, lokasi tambak ini memilik LMDH, kami hanya mendampingi saja yang di tunjuk dari Kementrian KKP Bidang Budidaya Tambak Udang,” pungkasnya.

Terkait lahan LMDH yang lokasinya digunakan oleh Kementerian KPP Asper Wilayah Sindangbarang Soip dihubungi lewat Selular Kamis siang mengatakan mendukung upaya pemerintah pusat melalui Kementerian KKP membangun tambak di lokasi lahan LMDH untuk mengembangkan pembudidayaan udang Vaname.

“Dibangunnya tambak diharapkan akan menyerap tenaga kerja dan bisa mensejahterakan petani dan nelayan khususnya di sekitar area tambak umumnya masyarakat Cianjur di selatan,”ujar Soip. (Mal) Editor:Nas

 2,605 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

id Bahasa Indonesia
X