DAERAH  

Unair Berikan Tips Aman Bertransaksi Online saat Nataru

Surabaya, Transnews.co.id – Tingkat konsumerisme pada momen natal dan tahun baru kerap meningkat, termasuk konsumen dalam hal booking tiket dan akomodasi. Momen Nataru (Natal dan Tahun Baru) kerap menjadi sasaran empuk bagi para pelaku cybercrime dalam melancarkan aksinya untuk menipu korbannya.

Dosen pariwisata asal Universitas Airlangga Surabaya, Nilzam Aly S.Hum., M.Sc buka suara mengenai antisipasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat agar tidak menjadi korban cybercrime.

Dia menjelaskan lebih detail mengenai transaksi online yang aman sebelum merayakan momen natal dan tahun baru bersama keluarga.

“Sebelum melakukan proses transaksi secara online, cari tahu kondisi destinasi yang akan dituju mengenai keadaan daerah tujuan, dan persiapan biaya perjalanan secara jelas,” tutur dosen pariwisata tersebut.

Biaya yang harus dikeluarkan tersebut di antaranya ialah berkaitan dengan konsumsi, transportasi, komunikasi seperti pulsa, termasuk paket data, penginapan atau hotel, buah tangan, biaya aktivitas berwisata, dan lain sebagainya. “Jangan sampai aktivitas berwisata justru melampaui anggaran yang sudah ditetapkan,” ujarnya, Jumat (31/12/2021).

baca juga :   Epidemiolog Unair Minta Masyarakat Waspada Omicron Siluman

Arahan selanjutnya adalah mengenai kehati-hatian dalam melangsungkan proses transaksi secara online. Nilzam menyarankan sebelum melakukan transaksi, pilihlah aplikasi yang terpercaya untuk melakukan proses reservasi. Tujuannya, konsumen terhindar dari risiko penipuan online seperti risiko penipuan secara scamming dan phising.

Menurut Nilzam, scamming dan phising merupakan modus kejahatan cybercrime. Di mana scamming berarti menggandakan data melalui mesin ATM. Sedangkan, phishing adalah menggandakan data melalui layanan internet banking.

Biasanya, modus pelaku ialah mengirim email kepada nasabah bank untuk masuk ke dalam layanan internet banking. Agar terhindar dari modus tersebut, ikuti tips yang disampaikan oleh Pak Nilzam berikut:

baca juga :   Epidemiolog Unair Minta Masyarakat Waspada Omicron Siluman

Tips Pilih Aplikasi Penyedia Perjalanan Wisata

1. Agar bisa bertransaksi dengan nyaman, pilih aplikasi yang menyediakan fitur Autentifikasi Dua Faktor. Autentikasi Dua faktor adalah fitur keamanan yang membantu melindungi akun di aplikasi Anda selain kata sandi. Anda akan diminta memasukkan kode login khusus atau mengonfirmasi percobaan login setiap kali ada seseorang yang mencoba mengakses aplikasi dari browser komputer atau perangkat seluler yang belum dikenali.

2. Ganti Password secara berkala, setidaknya setahun sekali.

3. Banyak orang yang biasanya memiliki aplikasi lebih dari 1 agar bisa membandingkan harga. Tetapi perlu dicatat, jika anda memiliki 2 atau lebih aplikasi pastikan anda mengelola password dengan baik.

baca juga :   Epidemiolog Unair Minta Masyarakat Waspada Omicron Siluman

4. Jika anda merasa menjadi korban penipuan online anda bisa melakukan screen capture (tangkapan/foto layar) atau bukti lainnya disertai link atau alamat website yang diduga melakukan phishing, kemudian kirimkan data tersebut melalui email ke aduankonten@mail.kominfo.go.id.

Tak lupa, Nilzam juga menyampaikan pesan agar masyarakat Indonesia tetap berhati-hati selama merencanakan perjalanan. “Tetap patuhi protocol kesehatan dan semoga tips yang memberikan dapat menuai manfaat,” pesan Nilzam.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com