Unej Dorong Desa Burno Jadi Desa Edutourism

LUMAJANG, transnews.co.id – Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang membantu Desa Burno, Kecamatan Senduro, Lumajang, mewujudkan impiannya menjadi desa edutourism. Dukungan ini diwujudkan dalam bentuk Sekolah Desa 4.0 yang memberikan pelatihan di bidang agronursing bagi warga Desa Burno (3/10).

Kali ini Kelompok Riset Disaster and Emergency Nursing Studies (KeRis Densus) Universitas Jember Kampus Lumajang yang mempelopori pelaksanaan Sekolah Desa 4.0. di Desa Burno.

Suhari, Ketua KeRis Densus, Sekolah Desa 4.0. Desa Burno digelar dengan tujuan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi petani dan peternak yang tidak bisa diselesaikan secara individu. Adanya kegiatan sekolah desa diharapkan mampu menciptakan kelompok tani-peternak yang paham apa itu agronursing, sehingga tercipta kawasan wisata yang sehat, higienis, aman, dan nyaman.

Agronursing adalah penatalaksanaan manajemen pelayanan keperawatan  dan asuhan keperawatan, dalam ruang lingkup pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan serta agroindustri, yang menjadi visi misi Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang.

Materi yang kami berikan dalam Sekolah Desa 4.0. Desa Burno meliputi pengenalan dan pemahaman akan pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau K3 di area pertanian dan peternakan. Warga Desa Burno kami latih menggunakan alat pelindung diri saat bekerja di lahan dan kandang ternak, termasuk praktik mencuci tangan yang benar.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com