UTD PMI Garut Gelar Kegiatan Donor Darah Di Cisewu

Suasana kegiatan Donor Darah di Cisewu Garut. (Photo-Yan)
Garut, transnews.co.id- Ratusan warga Cisewu dan sekitarnya mendonorkan darahnya dalam kegiatan Bhakti Donor Darah yang di gelar Kantor Kecamatan Cisewu berkolaborasi dengan UTD PMI Kabupaten Garut,Selasa (2/02/2021).

Pantauan transnews dilapangan terlihat pendaftar donor darah cukup banyak karena sebelumnya pemerintah Kecamatan Cisewu telah mensosialisakan kepada warganya, meski disuasana pandemi Covid antusiasme warga Cisewu sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan donor darah itu.

Camat Cisewu Heri Yang diwakili Yudi Apandi S.Kep menjelaskan,kegiatan donor sudah rutin dilakukan sejak bulan Oktober 2020. Setiap kegiatan Donor Darah masyarakat Cisewu sangat antusias mendonorkan darahnya.

“Ternyata di suasana Covid -19 ink kebutuhan akan darah terus meningkat,” ujarnya.

Yudi mengungkapkan meskipun donor darah dimasa pandemi, tidak boleh kalah oleh pandemi, karena sebelum pelaksanaan pihaknya menghimbau kepada para pendonor untuk selalu mematuhi PROKES dari pemerintah. Selain itu kebutuhan UTD PMI Kabupaten Garut masih banyak.

“Makanya saya mengajak kepada seluruh warga Kecamatan Cisewu dan Sekitarnya untuk berdonor darah,”tuturnya.

Sementara untuk teknis pelaksanaannya sambung Yudi, donor darah digelar selama 2 hari berturut-turut dari tanggal 2 dan 3 Pebruari 2021.

Perlu diketahui juga dalam kegiatan donor darah ini jumlah total pendaftar donor darah sebanyak 237,tetapi setelah dilakukan uji oleh Tim Medis yang lolos test sebanyak 226 orang.

“Kepada para pendonor,sebelum mendonorkan darahnya harus melalui pemeriksaan dahulu, termasuk check tensi dan HB darah,”jelasnya.

Yudi melanjutkan sebagai pelaksana kegiatan mempunyai target sasaran sebanyak 350 pendonor.Target di hari pertama sebanyak 200 pendonor dan untuk hari kedua sebanyak 150 pendonor.

“Alhamdulillah hari pertama ini sudah memenuhi Target, dan sebagai bentuk terima kasih kepada para pendonor kami beserta PMI memberikan paket sembako,”ujarnya seraya menandaskan semoga apa yang diperbuat para pendonor darah hari ini bermanfaat untuk kemaslahatan bersama.

“Dengan berdonor darah tubuh kita akan sehat darah kitapun akan berkah,” pungkas Yudi Apandi.

Sementara itu Sekjen Pemuda Pancasila Cisewu Zaro Oskar sebagai perwakilan dari tokoh pemuda Cisewu menyampaikan keikhlasannya mendonorkan darah dalam kegiatan itu.

“Saya ikhlas mendonorkan darah untuk kebutuhan pemenuhan stok darah bagi siapapun yang membutuhkannya,”ungkapnya

Zaro mengaku bersyukur pada kegiatan bakti donor darah saat ini dirinya bisa turut serta dengan 237 orang lainnya.

“Insyaallah saya Ikhlas demk kemanusiaan. Saya ingin membantu mereka-mereka yang membutuhkan darah. Mudah-mudahan ini menjadi bagian dari rasa cinta terhadap sesama,” katanya.
(Yan Fajari) Editor:Nas

 372 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

id Bahasa Indonesia
X