Wagub Jatim Yakin Desa di Kab.Gresik Jadi Backbone Perekonomian Kabupaten

Surabaya,Transnews.co.id -Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak meyakini bahwa desa-desa di Kab. Gresik dapat menjadi tulang punggung (backbone) perekonomian kabupaten. Pasalnya, desa-desa di Kota Pudak tersebut memiliki banyak potensi, termasuk berdirinya desa-desa wisata.

Menurutnya perekonomian desa sangat vital untuk kemajuan provinsi maupun nasional. Sebab, desa merupakan elemen paling mikro yang jika baik eksekusinya, maka akan memberikan dampak luar biasa bagi level pusat.

“Saya yakin, dengan rencana, dan penanganan desa di Gresik dapat jadi backbone perekonomian kabupaten,” ujar Wagub Emil saat mendampingi Kunjungan Kerja Menteri Desa PDT Abdul Halim di Balai Desa Wedani, Kecamatan Cerme, Gresik,Sabtu (26/6/2021).

baca juga :   Malam Tahun Baru Seluruh SPBU di Surabaya Harus Tutup 21.00 WIB

Menurut Wagub Emil, Kabupaten Gresik memiliki peluang yang bagus di beberapa sektor. Seperti halnya potensi budidaya ikan bandeng dan kerajinan tenun. Termasuk adanya Desa Devisa di Desa Wedani yang dijadikan percontohan.

Nantinya, gagasan tersebut akan diakomodir Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sesuai dengan Undang Undang Cipta Kerja No. 11 Tahun 2020 serta Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2021 juga Peraturan Mendes PDTT Nomor 3 Tahun 2021 sebagai percepatan ekonomi daerah.

baca juga :   KSAD Apresiasi Produk Unggulan Karya Babinsa Kodam Brawijaya

“Harus ada segmentasi khusus, dukungan, serta pengemasan yang tepat agar eksekusinya lancar. Insya Allah, Desa Wedani ini bisa menjadi desa percontohan bukan hanya di Gresik tapi juga nasional,” kata Emil.

Wagub Emil menekankan pentingnya konektivitas antara desa yang satu dengan lainnya.

Menurutnya, desa dengan basis pariwisata dapat bersinergi dengan desa produksi.

“Jadi, jangan dipaksakan semua desa menjadi desa wisata. Jika tidak punya potensi alam ataupun scenery yang dapat dijual, maka bisa beralih ke produksi barang dan pangan. Nanti bisa bekerjasama dengan desa wisata untuk marketing-nya,” terangnya. (HD) Editor:Nas

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com