Wisata Air Panas Desa Mekarjaya Cidaun Cianjur Perlu Segera Dikembangkan

Inilah wisata pemandian air panas desa Mekarjaya Cidaun yang perlu dikembangkan.(Photo-Mal)
Cianjur,Transnews.co.id-Desa Mekarjaya yang terletak sebelah Utara ibukota kecamatan Cidaun Cianjur Jawa Barat, memiliki aset wisata yang perlu dikembangkan untuk dijadikan destinasi wisata unggulan agar bisa mendongkrak sumber Pendapatan Asli Desa (PAD).

Untuk menuju wisata Air Panas di Desa Mekarjaya bisa di tempuh via darat dari ibukota kecamatan Cidaun sekitar 30 KM atau jika menggunakan kendaraan roda dua dan roda 4 sekira 2 jam perjalanan.

Saat menuju lokasi Air Panas, para pengunjung bisa melihat berbagai pemandangan alam berbukit serta udaranya sangat sejuk disuguhkan dengan pegunungan yang sangat exotics karena berhadapan langsung dengan pegunungan di wilayah kabupaten Garut dengan di batasi oleh sungai Cilaki.

Tentu saja kondisi alam tersebut menambah suasana hati yang fresh dan menenangkan dari suasana hirui pikuk perkotaan. Sesampai dilokasi pemandian air panas, tentu saja kondisi badan yang terasa lelah akan menjadi bugar dan sehat kembali.

Sayangnya wisata alam air panas yang berpotensi tersebut masih minim pasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung seperti Home Stay, Rest Area, serta pusat jajanan dan saat ini masih dikelola seadanya karena keterbatasan anggaran dan dukungan dari pemerintah.

Kades Mekarjaya Rohidin, saat di temui di ruang kerjanya Senin (27/7/2021) menjelaskan tentang desanya yang memiliki aset untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata desa unggulan yaitu Air Panas alam. Namun demikian terkendala dengan keuangan desa untuk mengembangkankannya.

Saat ini untuk pengembangan Wusata Air Panas Alami terkendala anggaran terutama Insprastuktur jalan menuju lokasi wisata,”ungkapnya.

Kades Rohidin mengatakan selain pembangunan infrastruktur jalan yang kurang menunjang khususnya jalan menuju lokasi yang hancur,tentunya juga minim promosi apalagi di musim pademi seperti saat ini.

Rohidin memohon supaya penerintah baik pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten bisa memberi solusi dan masukan terkait pengembangan potensi wisata desa unggulan diwilahnya melalui program pariwisata,mengingat anggaran Dana Desa terbatas.

“Saya hanya bisa berharap bahwa desanya kedepan bisa lebih berkembang di segala bidang termasuk pariwisata maupun pertanian sehingga mampu bersaing dengan desa lainnya,”ungkap Rohidin.

Kades Rohidin membeberkan puls hasil bumi pertanian di desanya dari mulai, penghasil Beras Ketan Hitam, Jahe Merah Gula Aren, Kapolaga dan hasil bumi lainnya. (Mal) Editor:Nas

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com