Wujudkan Pemilu 2024 Damai Aman dan Sejuk, Polri Gandeng Mahasiswa se-Jatim

Direktur Pembinaan Ketertiban Masyarakat Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen. Pol. M. Rudy Syafirudin, S.I.K., SH. (tengah) dalam Sosialisasi Pemilu damai di UIN Sunan Ampel Surabaya, Kamis (7/12).
Direktur Pembinaan Ketertiban Masyarakat Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen. Pol. M. Rudy Syafirudin, S.I.K., SH. (tengah) dalam Sosialisasi Pemilu damai di UIN Sunan Ampel Surabaya, Kamis (7/12).

SURABAYA, transnews.co.id – Guna menjaga ketertiban dan keamanan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Direktur Pembinaan Ketertiban Masyarakat Korbinmas Baharkam Polri, Brigjen. Pol. M. Rudy Syafirudin, S.I.K., SH., terus aktif melibatkan mahasiswa dalam sosialisasi dan edukasi guna mewujudkan proses pemilu yang damai, aman, dan sejuk.

Di Jatim, kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Korbinmas Baharkam Polri dan Polda Jatim dalam rangka Nusantara Cooling System dan Memelihara Kamtibmas Menuju Pemilu yang Aman, Damai dan Sejuk berlangsung di UIN Sunan Ampel Surabaya berlangsung di Lantai 7 Fakultas Ekonom dan Bisnis Islam. Kamis (7/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Brigjen. Pol. M. Rudy Syafirudin memberikan sosialisasi mengenai pentingnya partisipasi aktif mahasiswa dalam Pemilu. Beliau menekankan bahwa peran mahasiswa sangat strategis dalam membentuk masa depan bangsa, dan keterlibatan mereka dalam pemilihan pemimpin merupakan bentuk kontribusi positif.

baca juga :   Partai Perindo Depok Buka Pendaftaran Caleg

Selain itu, Brigjen. Pol. M. Rudy Syafirudin juga mengedukasi mahasiswa mengenai prinsip-prinsip demokrasi, hak dan kewajiban sebagai warga negara, serta pentingnya menjaga toleransi dan kerukunan di tengah perbedaan pandangan politik. Dengan pendekatan yang santun dan informatif, beliau berharap mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi masyarakat.

Mengenai mekanisme pemilu, tata cara pemilihan, dan bagaimana menghindari konflik yang mungkin timbul selama proses pemilu. Brigjen. Pol. M. Rudy Syafirudin dengan sabar memberikan penjelasan dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai proses demokrasi.

Acara ini juga menjadi momentum bagi mahasiswa untuk berdialog langsung dengan perwakilan kepolisian. Mahasiswa diundang untuk menyampaikan aspirasi, kekhawatiran, dan saran mereka terkait keamanan selama proses pemilu. Hal ini menciptakan ruang terbuka bagi diskusi yang konstruktif antara aparat kepolisian dan masyarakat.

baca juga :   Terjadi 1.457 Laka Selama Arus Mudik Lebaran

Diharapkan, melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi ini, mahasiswa dapat memahami pentingnya menjaga ketertiban dan berpartisipasi secara positif dalam proses demokrasi. Langkah-langkah preventif seperti ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan pemilu yang kondusif, di mana setiap warga negara merasa aman dan nyaman dalam menyalurkan hak pilih mereka.

Brigjen. Pol. M. Rudy Syafirudin menyimpulkan bahwa sinergi antara kepolisian dan masyarakat, khususnya mahasiswa, adalah kunci keberhasilan dalam mewujudkan Pemilu yang damai, aman, dan sejuk.Kegiatan sosialisasi diikuti oleh mahasiswa perwakilan dari 44 universitas di Jawa Timur.

baca juga :   Sinergi TNI-Polri Bersama Pemda dan Masyarakat, Tuntaskan Perbaikan Jembatan Sahayu

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Dirbinmas Polda Jatim Kombespol Asep Irpan Rosadi.,M.pa dan Wakil Rektor III UIN Sunan Ampel Surabaya, Abdul Muhid l. Kegiatan menghadirkan dua narasumber, yakni Kepala Diskominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin dan Kepala Bakesbangpol Jatim Eddy Supriyanto yang dimoderatori oleh AKBP Bahrum Nasikin.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com