26 IKM Jabar Diberi Sertifikat Halal

BANDUNG,Transnews- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, di Aula Barat Gedung Sate Bandung Selasa (23/7/19) membagikan 300 sertifikat halal kepada Industri Kecil Menengah (IKM) dari 26 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Program sertifikasi halal,menurut Wagub, penting sebagai salah satu upaya akselerasi program Jabar Juara Lahir dan Batin, terutama mewujudkan IKM Jabar Juara. Apalagi, IKM tersebut memproduksi berbagai macam olahan makanan dan minuman,” Ujarnya.

Jawa Barat sendiri,tambah Uu memiliki konsumen dengan mayoritas Muslim alias pemeluk agama Islam yang dituntut mengkonsumsi makanan halal, sehat, dan bergizi.

” Oleh karena itu, sertifikat halal adalah tanggung jawab kami sebagai pemerintah untuk mensertifikasi halal produk IKM bekerja sama dengan MUI yang mempunyai legalitas,” ujar Uu.

Dalam acara penyerahan sertifikat, Uu juga mendorong pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat agar mengeluarkan sertifikat halal untuk produk makanan yang dihasilkan IKM di daerahnya.

“Saya minta kepada kabupaten/kota, karena visi misi kami adalah kolaborasi dan inovasi, artinya kita tetap harus berkolaborasi dengan kabupaten/kota,” ujar Uu.

Ketua Bidang Syariah dan Produk Halal MUI Jawa Barat Mustafa Jamaludin,dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa hingga kini MUI Jawa Barat telah mengeluarkan 25 ribu sertifikat halal dan sekira 7 ribu di antaranya merupakan fasilitasi dari berbagai lembaga. Fasilitasi terbesar adalah dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com