Akibat Luapan Sungai Kali Jompo Rumah Bupati Jember Tergenang Banjir

  • Bagikan

Jember, TransNews.co.id – Akibat luapan sungai kali jompo Rumah Bupati Jember, terendam banjir, hujan deras yang selama beberapa jam mengakibatkan aliran sungai kalijompo meluap sejak pukul 18:00 WlB, hal itu disebakan karena curah hujan tinggi di. Lereng Gunung Argopuro dan Gunung Pasang. Senin Malam ( 17/1/2022 )

Kenaikan debit air berlangsung cepat, laporan dari TRC BPBD Jember terpantau ketinggian air mencapai 2 meter.

Terkait dampak dari luapan air sungai Kalijompo itu, menyebabkan pemukiman warga di sejumlah titik wilayah di Kecamatan Kaliwates terdampak banjir.

Diantaranya Jalan Bromo, Jalan Kertanegara (belakang Rumah Makan Lumintu), dan Jalan Sentot Prawirodirjo (belakang Hotel Aston).

Selain itu, juga diketahui rumah Bupati Jember Hendy Siswanto, di Jalan Sultan Agung, Lingkungan Kampung Ledok, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates juga terendam banjir setinggi 2 meter.

Baca Juga :   Dinsos Jatim Salurkan Bantuan Banjir Blega Bangkalan Madura

Saat dikonfirmasi di rumahnya, Bupati Hendy mengatakan terkait dampak banjir hampir terjadi di beberapa wilayah, khususnya Kecamatan Kaliwates.

“Termasuk rumah saya juga terdampak. Dan ini memang banjir tahunan dan rumah saya juga mesti terdampak,” kata Bupati Hendy saat meninjau banjir di rumahnya.

Banjir tersebut, lanjut Hendy, karena curah hujan tinggi yang berasal dari wilayah atas. “Dari Gunung pasang yang jelas dari kaki gunung argopuro. Dan ini bukan banjir bandang, karena intensitas air yang cukup tinggi (luapan aliran Sungai Kalijompo),” ujarnya.

Baca Juga :   Gercep, Gubernur Khofifah Turun Langsung Tangani Banjir Bandang Kota Batu

Kepala BPBD Jember Sigit Akbari mengatakan. Untuk data sementara dari TRC BPBD Jember. Ada beberapa sungai yang meluap.

“Yakni di aliran Sungai kawasan (Kelurahan) Jumerto. Yang tadi juga naik dua meteran. Kemudian sekitar kawasan Sungai (Jalan) bromo tadi air juga naik dan keruh,” kata Sigit.

Kemudian, lanjutnya, di kawasan Jembatan Semangir, Kelurahan Mangli menjadi pantauan TRC BPBD Jember.

“Tapi masih aman meskipun sempat banjir sebentar,” sambungnya.

Total, lanjut Sigit, ada 6 titik lokasi banjir dari data TRC BPBD Jember sementara ini. “Yang meluber di aliran Sungai Kalijompo ini,” katanya.

Terkait banjir di rumah Bupati Jember, Sigit menambahkan, juga menjadi langganan. “Juga menjadi indikator jika (rumah bupati) banjir. Maka (pemukiman) di belakangnya juga tergenang,” sambungnya.

Baca Juga :   Gubernur Khofifah Pimpin Pelaksanaan Apel Siaga Banjir di Bendungan Semantok Nganjuk

Pantauan di lokasi rumah Bupati Jember Hendy Siswanto. Untuk dampak banjir saat ini air dikuras dan disedot menggunakan alkon koordinasi antara TRC BPBD Jember, relawan, dan Petugas Damkar dan Penyelamatan Pemkab Jember.

 131 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan