Antisipasi Longsor, BPBD Riau Siagakan Alat Berat

Pekanbaru, Transnews.co.id – Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Provinsi Riau meminta agar BPBD di setiap kabupaten/kota di Riau agar melakukan koordinasi intens dengan Dinas PU di masing-masing daerah, terkait antisipasi potensi bencana longsor akhir tahun 2021.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Riau Edy Afrizal mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan pemetaan terkait potensi bencana akhir tahun di sejumlah daerah di Provinsi Riau.

Adapun potensi bencana yang mungkin akan terjadi, yakni; banjir, terpaan angin puting beliung dan longsor.

baca juga :   Disdik Riau Beri Kebebasan Sekolah Terapkan Belajar Daring

“Untuk daerah yang rawan longsor juga sudah kami petakan, seperti; di Kabupaten Kampar, Kuansing dan Rokan Hulu. Daerah-daerah ini memang sering terjadi longsor saat musim hujan di akhir tahun,” katanya, Sabtu (25/12/2021)

Dia menambahkan, terkait dengan langkah koordinasi yang harus dilakukan oleh BPBD dengan Dinas PU di kabupaten/kota, tidak lain sebagai langkah antisipasi terhadap kondisi terburuk yang mungkin saja terjadi. “Artinya jika memang terjadi longsor, maka alat berat di Dinas PU bisa disiagakan,” tuturnya.

baca juga :   Persentase Penduduk Miskin Riau Turun 0,12 Persen

Edy menyebut sejumlah potensi bencana yang diperkirakan terjadi di Riau menjelang akhir tahun, diyakini akan sangat mengganggu aktivitas masyarakat. Dia juga meminta agar warga selalu waspada terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi.

Terutama warga yang tinggal di wilayah pesisir untuk bersiap terhadap bencana banjir air pasang, warga yang berdomisili di bantaran sungai terhadap potensi banjir akibat intensitas curah hujan yang tinggi.

baca juga :   Sawit dan Migas Masih Jadi Andalan Topang Pertumbuhan Ekonomi Riau di 2022

Serta warga yang tinggal di wilayah Riau daratan yang berpotensi akan menghadapi bencana longsor.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com