DAERAH  

Bantu Pemudik, Pramuka Kwarcab Pemalang Gelar Aksi Peduli

Pemalang, Transnews.co.id – Untuk membantu kelancaran informasi mengenai kondisi arus lalulintas bagi pemudik maupun bagi para pengguna jalan yang berada di jalur-jalur padat, Gerakan Pramuka Kwarcab Pemalang menggelar aksi pramuka peduli karya bhakti lebaran tahun 2022 (APPKBL22) di Wilayah Kabupaten Pemalang.

Saat dikonfirmasi mengenai aksi tersebut, Waka Bidang Abdimas Kwarcab Pemalang, Dwito Mubarok mengatakan kegiatan yang melibatkan sebanyak 521 anggota pramuka tersebut sudah melaksanakan kegiatannya sejak 17 April dan berakhir 8 Mei mendatang.

Dwito menjelaskan selama bertugas mereka akan membantu memberikan informasi kepada pemudik tentang berbagai hal, seoerti membantu informasi mengenai tempat-tempat/fasilitas umum (lokasi WC, Masjid, Musala, loket penjualan, pintu/jalur/terminal keberangkatan dan kedatangan, tujuan kendaraan/kereta api) juga membantu memberikan tindakan pertolongan pertama dan sebagainya termasuk mendirikan posko-posko mandiri aksi pramuka peduli serta bergabung dengan Pemkab/POLRI dan instansi terkait yang menyelenggarakan layanan posko mudik lebaran.

baca juga :   Arah Cikampek Padat, Polisi Berlakukan Sistem Buka Tutup di Tol Layang MBZ

Aksi Peduli tersebut, kata Dwito, diawali dengan bagi-bagi takjil, pembuatan minyak goreng dari kelapa, gema Ramadan yang dilaksanakan DKC, buka puasa serta salat tarawih bersama Bupati Pemalang pada 28 April 2022 kemarin.

Dwito menambahkan, kegiatan yang mereka lakukan setiap harinya disiarkan secara langsung ke Kwarda Jateng dan Kwarnas melalui live Report dengan link aplikasi Larix Broadcast.

baca juga :   Hingga Dini Hari Tadi, Volume Kendaraan Sejumlah Jalur Tol Jakarta-Jawa Meningkat

“Ketua Kwarcab Pemalang Kak Sukarso bersama Tim juga memonitoring tingkat Kwaran,” ujarnya, di posko mudik gerakan Pramuka, Kecamatan Petarukan, kemarin.

Secara umum, tutur Dwito, aksi tersebut bertujuan untuk menumbuhkembangkan sikap kepedulian gerakan pramuka terhadap masyarakat, mendidik anggota gerakan pramuka dalam kegiatan membangun masyarakat serta berpartisipasi membantu program pemerintah melalui kegiatan karya bhakti lebaran khususnya membantu petugas dan masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran dan meningkatkan citra gerakan pramuka di masyarakat.

baca juga :   Seharian Terjadi Kepadatan, Jalur Lingkar Gentong Tasik Mulai Terurai

Usai melaksanakan tugas di beberapa Pos mudik lebaran, selanjutnya pada tanggal 5-8 Mei 2022,, sebagian dari pramuka peduli tingkat Kwarcab, DKC dan UBALOKA, yang berjumlah sekitar 30 orang akan kembali melanjutkan tugasnya di objek wisata Pantai Widuri.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com