DAERAH  

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono Berangkatkan 3.840 Pemudik Gratis 

SURABAYA, transnews.co.id – Pj Gubernur Jawa timur Adhy Karyono memberangkatkan mudik gratis sebanyak 3.840 warga warga yang sehari -harinya beraktifitas di Surabaya dan sekitarnya di halaman Dinas Perhubungan Jawa timur, Jalan Ahmad Yani Surabaya, Minggu (07/04/2024)

Ribuan masyarakat nampak antusiasi menyambut program mudik gratis yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut. Total ada 3.840 peserta mudik gratis yang menuju ke 17 kabupaten/kota se Jatim.

Pantauan dilapangan, banyak peserta mudik yang berangkat bersama dengan keluarga dan saudaranya. Tak hanya itu, mereka juga tampak menenteng berbagai barang untuk oleh-oleh di kampung halaman.

Para peserta mudik gratis Pemprov Jatim ini sudah berkumpul sejak pagi di depan kantor Dinas Perhubungan Jawa Timur di Jalan Ahmad Yani Surabaya.

baca juga :   Hari Kedua Uji Coba Ganjil-Genap Tol Cikampek Penerapannya Hingga Palimanan

Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jatim pun mulai memberangkatkan armada bus sekitar pukul 08.00 WIB. Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan bahwa mudik gratis ini merupakan agenda tahunan yang rutin digelar.

“Hari ini kita melepas warga Jatim yang di Surabaya untuk (mudik) ke 17 kabupaten/kota. Arus baliknya juga demikian, kami juga akan menyiapkan moda transportasi,” ucap Adhy.

Lebih lanjut, lanjut Adhy mengatakan karena tingginya angka pergerakan masyarakat pemudik menuju Jatim yang mencapai 31 juta orang lebih ini. Program mudik gratis menjadi upaya Pemprov Jatim mencegah peningkatan kecelakaan lalu lintas selama masa mudik lebaran.

baca juga :   H-5 Idul Fitri, Pelabuhan Merak Kembali Dipadati Pemudik

“Mudik tahun ini istimewa karena liburnya cukup panjang, oleh karena itu terjadi lonjakan pergerakan mudik di Jawa Timur, diperkirakan 31 juta orang akan ke sini (Jatim),” jelas Adhy.

Tak hanya menekan angka kecelakaan, program mudik gratis ini juga menjadi strategi mengurai titik kemacetan. Sebab, para pemudik yang biasanya memakai kendaraan pribadi, kini beralih ke transportasi gratis yang disediakan Dishub Jatim.

Pada mudik gratis tahun ini, Dishub Jatim menyediakan sekitar 96 armada bus untuk mengantar ribuan peserta ke kampung halamannya. Sementara itu wilayah yang paling banyak dituju adalah Kabupaten Ponorgo, kemudian disusul Kabupaten Pacitan dan Magetan.

baca juga :   DPW SWI, Bersama DPD Kota/ Kabupaten Se-Jatim Rakor di Pasuruan

Untuk ke depannya, Adhy meminta kepada pihak Dishub Jatim supaya menggelar program mudik gratis dengan lebih meriah. Misalnya dengan membagikan sejumlah hadiah supaya masyarakat Jatim lebih banyak yang tertarik.

“Untuk warga Jatim yang hari ini akan mudik saya doakan semoga aman, lancar dan segera bertemu keluarga dan sanak saudara di kampung halaman,” ungkap Adhy.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *