Bawaslu Jatim Kirim Bantuan Ke Korban Bencana Erupsi Gunung Semeru di Lumajang

  • Bagikan
Bawaslu Jatim dan Bawaslu Kabupaten Lumajang saat memberikan bantuan korban erupsi gunung Semeru.

Lumajang , Transnews.co.id – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur mengirimkan bantuan untuk korban bencana erupsi gunung Semeru yang terjadi pada sabtu (4/12/2022). Dimana bantuan tersebut, diberikan langsung oleh perwakilan bawaslu Jatim bersama Bawaslu kabupaten Lumajang pada, Minggu (5/12/2021).

Ketua Bawaslu Jatim, M Amin dikonfirmasi, Senin (8/12/2021) mengatakan bantuan yang diberikan ke korban erupsi Gunung semeru yaitu kebutuhan pokok makanan dan minuman, pakaian dewasa dan bayi, serta masker juga yang dikirim ke posko desa penanggal kecamatan Candipuro. “Bantuan ini juga ada dari bawaslu kabupaten/kota lainnya untuk dikirim melalui posko bencana erupsi Gunung semeru di kantor Bawaslu Lumajang,”katanya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan setelah kejadian erupsi gunung semeru kemarin sabtu (4/12/2021) pihak bawaslu Jatim membuat surat ke bawaslu kabupaten/kota di Jatim agar segera mengumpulkan sumbangan dan donasinya untuk korban bencana erupsi G. Semeru.

Baca Juga :   Peduli Korban Erupsi Semeru, Karang Taruna Bhakti Madaya Galang Dana

“Kami prihatin dengan kejadian erupsi Gunung semeru. Mari kita warga Jatim dan Bawaslu se Jatim untuk bersama – sama mendoakan agar kejadian ini segera berhenti, serta petugas relawan yang bekerja bisa diberi kemudahan untuk menemukan korban semeru yang belum ditemukan saat ini,”pintanya.

Seperti diketahui, Pada 4 Desember 2021 pukul pukul 15.20 WIB, telah terjadi guguran awan panas Gunung Api Semeru yang mengarah ke Besuk Kobokan Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Dan lontaran abu vulkanik mengarah ke barat daya (Kabupaten Malang ) pada lapisan 24.000 ft dengan kecepatan 40-50 KM/Jam.

Baca Juga :   Polres Pasuruan Kota Salurkan Bantuan Warga Terdampak Banjir

Kronologi erupsi Gunung Semeru dari informasi masuk getaran banjir pkl 14:47 WIB amak 20 mm, pada seismograf PPGA Gunung Semeru di Pos Gunung Sawur, Dusun Poncosumo Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro dan belum terkonfirmasi getaran banjir atau guguran awan panas.

Pukul 15.10 WIB, Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur menyatakan bahwa teramati adanya guguran awan panas dengan arah luncuran mengarah ke Besuk Kobokan dan visual Gunung tertutup kabut dan debu vulkanik dengan aroma belerang. Pukul 17.00 WIB info masuk ke Pusdalops BPBD kabupaten Malang bahwa ada dampak abu vulkanik bercampur dengan air hujan diwilayah kabupaten malang.

Baca Juga :   Relawan PMI Jember Distribusikan Logistik ke Korban Semeru

Pukul 17.20 WIB Info masuk ke Pusdalops tentang informasi arah pergerakan Abu Vulkanik ke arah barat (Kabupaten Malang) pada level 10.000-18.000 ft dengan kecepatan 00-30KM serta ke arah barat Dayapada level 24.000-48.000 ft kecepatan 20-60KM/jam. Pukul 17.30 WIB, info masuk ke Pusdalops tentang dampak hujan deras disertai abu vulkanik yang terjadi diwilayah Timur-selatan Kabupaten Malang, khususnya diwilayah kaki gunung semeru. (hd).

 55 views

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.

  • Bagikan
error: Content is protected !!