Berusia Lebih Dari 2 Dasawarsa, DPRD Harus Lebih Baik

Reporter: Ade Febri
Editor: Dimas Pramudya

50 seconds reading this post

Oleh : T. Farida Rachmayanti, Anggota DPRD F- PKS

Depok – Lebih dari dua dasawarsa, atau tepatnya genap berusia 24 tahun DPRD Kota Depok menjalankan perannya sebagai lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai penyelenggara pemerintahan daerah.

Tahun 2023 ini DPRD Kota Depok berusia 24 tahun. Sudah lebih dari dua dasawarsa DPRD Kota Depok menjalankan perannya sebagai lembaga perwakilan rakyat daerah yg berkedudukan sebagai penyelenggara pemerintahan daerah.

BACA JUGA :  DPRD Gelar Rapat Paripurna Peringati HUT Ke-25 Kota Depok Harmoni untuk Negeri

Sebagaimana tertuang dalam peraturan perundangan DPRD memiliki fungsi pembentukan perda, anggaran dan pengawasan yg dijalankan dalam rangka representasi rakyat Kota. Dan untuk menjalankan fungsinya maka anggota DPRD menjaring aspirasi masyarakat.

Berkaitan dengan fungsi pengawasan anggota DPRD harus memastikan bagaimana pelaksanaan perda, peraturan walikota dan peraturan perundangan yg terkait penyelenggaraan pemerintahan daerah. Selain itu juga membahas tindak lanjut hasil pemeriksaan laporan keuangan dan Badan Pemeriksa Keuangan.

BACA JUGA :  Hadiri HUT DPRD Kota Depok, Bang Has: Sebaiknya Hadirkan Alumni Dewan

Pengawasan DPRD dilaksanakan melalui rapat kerja antara anggota DPRD dengan perangkat daerah.

Kinerja DPRD Kota Depok tidak bisa lepas dari kualitas dan kinerja anggotanya. Karenanya mereka diatur oleh kode etik dalam bersikap dan berperilaku. Diantaranya mereka harus memenuhi

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Pos terkait