BNPB Gelar Diklat Sosialisasi Kebencanaan Bagi Wartawan

BANDUNG, transnews.co.id – Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana BNPB mengajak awak media untuk mensosialisasikan kebencanaan lewat  pendidikan dan pelatihan (diklat) teknis penanggulangan bencana di di Lembang Jawa Barat. Rabu (24/4/2019).

Diklat diikuti 33 awak media dari berbagai media massa s rangkaian kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2019. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merangkul awak media karena mereka bagian dari penta helix penanggulangan bencana, yaitu pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan media massa.

Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Wisnu Widjaja mengatakan bahwa awak media juga perlu untuk memahami ancaman bahaya. Hal tersebut dibutuhkan, misal pada saat mereka meliput peristiwa kebencanaan juga harus memperhatikan aspek keselamatan.

“Kami mengharapkan mereka dapat menyebarluaskan mengenai pengetahuan kebencanaan dengan menggunakan bahasa yang dipahami masyarakat,” tambah Wisnu pada Diklat Teknis Penanggulangan Bencana pada Wartawan pada Rabu (24/4) di Lembang Jawa Barat.

BNPB bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat secara masif menyelenggarakan serangkaian kegiatan, salah satunya pemasangan rambu dan papan informasi terkait dengan potensi ancaman bahaya gempa yang dipicu sesar tadi.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com