Bupati Subang Diperintahkan Buat Perda Sawah Abadi, Ini Alasannya

  • Bagikan

Subang, TransNews-Bupati Subang Jawa Barat, Rohimat, diperintahkan untuk segera membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang Sawah Abadi. Sebab Perda Sawah Abadi sangat penting untuk mempertahankan lahan pertanian yang ada di Kabupaten Subang. Alasannya, kabupaten Subang menjadi salah satu prioritas pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus(KEK) segitiga Rebana ( Patimban, Cirebon, Kertajati).

” Subang harus istiqomah menjadi lumbung padi Nasional dan Jawa Barat. Jika lumbung padi Subang terganggu,kami khawatir makanan terganggu,” kata Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, disela sela kegiatan Safari Ramadhan di kabupaten Subang, Selasa lalu.

Menurut Wagub, Perda tersebut akan menjadi landasan hukum untuk mempertahankan lahan pertanian atau produksi pertanian sehingga tidak mudah dialih pungsikan.

” Kalau tidak ada Perda Sawah Abadi, nanti takut masyarakat begitu mudah mengalih pungsikan tanah dan sawahnya menjadi perumahan. Sehingga akan mengganggu produksi pangan itu sendiri, “Papar Wagub.

Wagub berharap, Pemkab Subang mempunyai ketegasan dalam mempertahankan lahan produktif pangan di daerahnya. Tujuannya tentu saja supaya ketersediaan pangan di Jawa Barat terjaga.

“Tolong pertanian jangan sampai dibaikan. Segera buat Perda Sawah Abadi, ” Pungkas Wagub. (DK/Nas)

 141 views

  • Bagikan

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Silakan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com Terima kasih.