Cianjur Pamerkan Pusaka Nusantara

Cianjur,Transnews -Puluhan jenis Pusaka Nusantara dan Batu Akik dipamerkan dalam kegiatan Jamnas pusaka nusantara dan batu akik di Alun alun Cianjur, Jumat (05/07/19).

Pameran ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 5 Juli sampai 7 Juli 2019, diikuti oleh peserta dari berbagai daerah seperti Madura, Solo, Sumedang, Bandung, Bogor dan wilayah lainnya di Jawabarat.

Plt Bupati Cianjur,H. Herman Suherman, secara resmi membuka pameran tersebut. Banyak macam benda pusaka nusantara yang dipamerkan seperti kris, kujang, barang antik, batu akik dan lainnya.

Iwan Rio Mustopa Ketua Umum Paguyuban Pusaka Kujang Nusantara (PKPN), mengatakan sangat bangga karna oleh para pelestari budaya dan pusaka kegiatan ini bisa diselenggarakan.

Potensi batu akik di wilayah selatan, black aren, yang sudah dipamerkan ke Belanda tahun 2015 memang belum dikemas promosinya secara besar-besaran.

“Saya berharap batu akik black aren ikut terangkat dalam pameran kali ini,” ungkap Iwan Rio.

Iwan berharap dari kegiatan ini ingin mengenalkan benda pusaka dan batu akik kepada generasi muda di Cianjur, sehingga bisa membedakan Kujang yang asli dan yang baru itu seperti apa tidak hanya mendengar ceritanya saja,” Ujar Iwan.

PLT Bupati Cianjur H. Herman Suherman, sangat mengapresiasi pameran yang diadakan oleh para pelestari budaya dan pusaka nusantara ini.

” Kegiatan ini sangatlah baik, dalam pensosialisasiannya ada pesan moral untuk generasi muda masa kini supaya bisa mengenal budaya sendiri yang ada di Kabupaten Cianjur,” ungkapnya,seraya menandaskan tentang batu akik black aren asal Cianjur, memang perlu pengemasan promosi lagi agar produk batu akik Cianjur dikenal warga luas.(Mal)

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com