Desa Balimbing Subang Lokasi KKN Mahasiswa Tematik IPB

Subang, TransNews.co.id-Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menerima 10 Mahasiswa KKN Tematik IPB yang diserahkan oleh Dekan FMIPA-IPB Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Si secara virtual daring di aula Kantor BP4D Subang,Rabu (8/7/2020).

Mahasiswa KKN Tematik IPB merupakan semester 6 yang akan ditempatkan di Desa Balingbing Kecamatan Pagaden Barat selama 1,5 bulan terhitung dari tanggal 8 Juli – 20 Agustus 2020.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) merupakan agenda tahunan IPB. KKN-T merupakan proses pembelajaran mahasiswa turun langsung pada lingkungan masyarakat. Nantinya mahasiswa diharapkan mampu mengimplementasikan pengetahuan yang sudah didapatkan di perkuliahan dan menawarkan inovasi yang bermanfaat untuk masyarakat.

Para mahasiswa KKN-T akan siap terjun kelapangan Bersama masyarakat dan membantu masyarakat serta mampu bersinergi dengan pemerintah daerah sehingga mampu bersama-sama membantu pembangunan Subang.

Para mahasiswa diharapkan mampu berinovasi dan menggali potensi yang ada di daerah, yang mana Subang merupakan salah satu lumbung padi yang diharapkan bisa digali aspek-aspek dan inovasi melalui program-program mahasiswa KKN sehingga produksi padi bisa ditingkatkan.

Selain sektor pertanian diharapkan para mahasiswa KKN mampu mengangkat wisata unggulan Subang yang sangat banyak dengan mempromosikan dan mensosiliasikan ke masyarakat luar bahkan turis sehingga menghasilkan nilai komersial yang bagus yang mampu membantu pembangunan daerah dan masyarakat sekitarnya.

Wabup Subang sangat bangga atas kepercayaan dipilihnya Subang sebagai lokasi KKN-T IPB tahun 2020.

Dikatakan Wabup, dalam kondisi covid-19, diharapkan kesepuluh mahasiswa KKN-T bisa membantu dan bersinergi dengan pemerintah Subang dengan memberikan edukasi dan sosialisai akan pentingnya protokol Kesehatan dalam penanggulangan penyebaran covid-19.

“Dalam masa pandemic covid-19, para mahasiswa diharapkan mampu berprilaku baik dan menjaga diri dengan menjalankan protokol Kesehatan,”ujarnya. 

Mengingat Subang sebagai tulang punggung nasional dalam ketahanan pangan yaitu sebagai lumbung padi nasional,  Wabup berharap, dengan hadirnya KKN-T IPB mampu mensinergikan program-program peserta KKN dengan bersama-sama meningkatkan kualitas pertanian di Subang yang diharapkan mampu mengangkat pembangunan Subang,”paparnya. 

Wabup mengatakan, bagi para mahasiswa KKN-T IPB juga diharapkan mampu membantu dan mensuport marketing dan mensosiliasikan potensi Subang keluar, baik potensi wisata maupun produk unggulan UMKM Subang sehingga Subang menjadi daerah yang patut dikunjungi oleh masyarakat luar bahkan turis mengingat Subang memiliki letak strategis yang memiliki 3 zona yaitu lautan/pesisir, daratan dan pegunungan yang semuanya memiliki beragam potensi yang perlu dikembangkan,”terang Wabup. 

Kang akur juga mengajak kepada para mahasiswa KKN-T IPB untuk mendukung program Pemda Subang yaitu program “Sapapait Samamanis” yaitu program inovasi pemda Subang berupa bantuan kepada masyarakat yang mana yang mampu yang memiliki rezeki banyak membantu masyarakat yang membutuhkan. Program sapapait samamanis diluar dari 9 bantuan yang telah digalakan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Dalam kegiatan penerimaan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) IPB secara virtual tersebut, Kang Akur turut didampingi oleh Kepala BP4D Subang H. Sumasna dan para Kabid BP4D Subang serta sambungan virtual dengan Camat Pagaden Barat dan Kades Balingbing.(Wahyu/HMs)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com