Dirjen Dukcapil: Optimalkan Pelayanan Adminduk secara Online di Karawang

Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi saat meresmikan Gedung Pelayanan Adminduk Kabupaten Karawang di Jalan Raya Surotokunto, Karawang, Jawa Barat, Rabu (10/5/2023). (Dukcapil)

KARAWANG, transnews.co.id || Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi mendorong agar pelayanan administrasi kependudukan secara online di Kabupaten Karawang lebih dioptimalkan.

“Pelayanan di kantor oke, tapi yang online harus lebih banyak,” kata Teguh kepada Kepala Dinas Dukcapil Karawang, dan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana saat meresmikan Gedung Pelayanan Adminduk Kabupaten Karawang di  Jalan Raya Surotokunto, Karawang, Jawa Barat, Rabu (10/5/2023).

Menyambung arahan Dirjen, Sesditjen Dukcapil Hani Syopiar Rustam mengingatkan sesuai Permendagri No. 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Adminduk Secara Daring, pelayanan di kantor Dinas Dukcapil harus lebih mengutamakan pelayanan online.

baca juga :   Siswa SDN Malangsari III Pingsan Setelah Divaksin, Kepsek: Gangguan Lambung

“Tolong nanti lebih ditingkatkan. Jadi, pelayanan daring mulai dari pelayanan Kartu Keluarga, mengurus akta-akta, masyarakat tidak perlu datang ke kantor. Bahkan untuk pencetakan pun, sebenarnya masyarakat boleh mencetak sendiri. Ini bisa lebih disosialisasikan,” kata Hani mengutip dukcapil.kemendagri.go.id

Kepala Dinas Dukcapil Karawang Bambang Susetyo menjelaskan, pihaknya telah menyediakan tak kurang dari 27 operator database untuk pelayanan Adminduk online. Bahkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) juga sudah disiapkan.

baca juga :   Masyarakat Kecewa, PTSL Desa Tegalurung Bayar Dengan Domba

“Jadi, optimis pelayanan online untuk masyarakat bisa meningkat. Saat ini, Dukcapil Karawang melayani rata-rata 200 pelayanan online setiap hari ” ujarnya

Pada kesempatan itu dilakukan penyerahan 2.000 keping blanko KTP-el untuk masyarakat Karawang, penyerahan KIA untuk para pelajar Karawang dan KTP-el untuk para warga binaan yang diwakili penerimaan simbolisnya oleh Kepala Lapas Karawang Lenggono Budi.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Plt Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Dukcapil Karawang Bambang Susetyo, Kepala Lapas Karawang, Forkopimda dan sejumlah tamu undangan lain. *

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com