Diskominfo Jatim Gelar Cerdig Literasi Keuangan Digital Bersama BI dan OJK

by: HADI M
editor: DM
Diskominfo Jatim Gelar Cerdig Literasi Keuangan Digital Bersama BI dan OJK
Diskominfo Jatim Gelar Cerdig Literasi Keuangan Digital Bersama BI dan OJK

MADIUN, transnews.co.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur (Jatim) menggelar kegiatan Cerdas Digital (CERDIG) dengan tema Literasi Keuangan Digital di Kantor Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan (Bakorwil) I Madiun, Selasa (1/7/2025).

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang transaksi keuangan digital yang bijak dan aman.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Jatim, Putut Darmawan, mewakili Kepala Diskominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Putut menekankan pentingnya literasi keuangan digital di tengah pesatnya perkembangan teknologi.

“Di era digital ini, perbankan online, dompet digital, dan e-commerce telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Namun, kemudahan ini juga disertai risiko yang harus diantisipasi,” ujarnya.

Ia menambahkan, melalui literasi keuangan digital, masyarakat diharapkan mampu melindungi data pribadi, memilih platform keuangan yang terpercaya, serta mengenali potensi risiko transaksi digital.

BACA JUGA :  Diskominfo Jatim Tingkatkan Kemampuan Public Speaking Pranata Humas

Senada, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Bakorwil I Madiun, Assyari, mengingatkan pentingnya pemahaman masyarakat dalam mengakses dan menggunakan layanan keuangan digital agar terhindar dari penipuan.

“Semoga kegiatan ini tidak berhenti di forum ini saja, tetapi berlanjut hingga ke masyarakat,” ujarnya.

Hadir sebagai narasumber, Plt. Kepala Unit Fungsi Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Luki Riyaningrum.

Ia memaparkan materi tentang Digitalisasi Sistem Pembayaran dan Pelindungan Konsumen, termasuk inovasi QRIS, modus penipuan sistem pembayaran, dan peran Bank Indonesia dalam penanganan judi online.

“Jadilah konsumen cerdas PeKA: Peduli, Kenali, dan Adukan dalam bertransaksi,” pesan Luki.

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *