DAERAH  

Ditsampta Polda Jatim dan Tokoh Masyarakat Bersinergi Antisipasi Penjarahan

Penyelamatan serta pertolongan dan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana alam awan panas dan guguran (APG) Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang

Lumajang, Transnews.co.id – Ditsamapta Polda Jawa Timur bersinergi dengan tokoh masyarakat maupun perangkat desa yang ada di lokasi bencana Semeru untuk membantu melakukan identifikasi masyarakat penduduk asli maupun pendatang. Upaya ini untuk mengantisipasi adanya orang luar untuk tidak memanfaatkan musibah yang sedang terjadi, seperti penjarahan.

Kasubdit Gasum Ditsamapta Polda Jatim, AKBP David, mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya penjarahan saat adanya musibah, anggota terus melakukan patroli rutin di rumah – rumah warga terdampak. Pihaknya juga masih terus melakukan pencarian dan penyelamatan serta pertolongan dan bantuan kepada Selasa (7/12/21).

“Kami masih terus melakukan pencarian dan penyelamatan serta pertolongan dan bantuan kepada masyarakat, sedangkan untuk mengantisipasi terjadinya penjarahan saat adanya musibah, anggota terus melakukan patroli rutin di rumah – rumah warga terdampak, “ujar David.

baca juga :   Dandim 0821 Lumajang Fokuskan Evakuasi Pengungsi ke Tempat yang Lebih Aman

Tim SAR Ditsamapta Polda Jatim juga melakukan langkah – langkah penyekatan di jalur evakuasi, karena sebagian warga masih berada di atas dan sudah ada pula yang turun.

baca juga :   Menkopolhukam Apresiasi Langkah Cepat Kepala Daerah di Lumajang Tangani Bencana Erupsi Semeru

David juga menyampaikan, bahwa untuk kondisi saat ini sebagian besar warga terdampak diantaranya warga Dusun Curah Koboan sudah mengevakuasi barang miliknya termasuk hewan ternak.

Beberapa hambatan dalam melakukan evakuasi diantaranya, medan menuju tempat pertolongan warga yang berlumpur, terlebih banyak warga yang lalu Lalang.

baca juga :   Wabup Lumajang Sebut RKPD Harus Selaras dengan Rencana Pembangunan Provinsi dan Nasional

David menghimbau, apabila masyarakat memerlukan bantuan yang tidak bisa terjangkau oleh masyarakat, pihaknya siap untuk memberikan pelayanan. (hd).

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com