DPD SWI Jember Gelar Halal Bi Halal Sekaligus Implementasi Program Kerja Hasil Rakerda

Foto bersama Seluruh anggotah SWI Kabupaten Jember saat halal bihalal
Foto bersama Seluruh anggotah SWI Kabupaten Jember saat halal bihalal

JEMBER, transnews.co.id – Memanfaatkan moment Lebaran Idul Fitri 1445 H, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Sekber Wartawan Indonesia (SWI) Kabupaten Jember, menggelar acara Halal Bi Halal sekaligus merencanakan implementasi program kerja yang sudah dirumuskan melalui Rakerda Tahun 2023.

Kegiatan yang berlangsung “gayeng” dan dihadiri sekitar 30 anggota, terdiri pengurus dan anggota DPD SWI Jember itu, berlangsung di Resto Cafe DIRA Park Balung, Jember, Sabtu (27/4/2024).

Hadir dalam kegiatan Halal Bi Halal ini, Ketua DPD SWI Jember Suyono HS., Wakil Ketua Wakik, SH., Sekretaris S.A. Ghanie, Wakil Sekretaris, Joni Darmawan.

Pengurus lainnya yang juga hadir antara lain, Lana Rumanta, Divisi Humas dan Antar Lembaga, Divisi OKK Salman Alfarisi dan Irfak Safii, Divisi Diklat dan Pengembangan SDM, Aryudi AR., dan A. Syaifuddin, Divisi Budaya dan Pariwisata, Agus Sugiyanto, Divisi Sosial dan Ekonomi, Mujianto, serta anggota pengurus lainnya.

baca juga :   SWI Kalsel Turut Meriahkan Peringatan HUT 78 RI di Belitung Utara

Dalam pengarahannya, Ketua DPD SWI Suyono, menjelaskan perkembangan organisasi SWI dan rencana implementasi program kerja tahun 2024.

Menurutnya, SWI secara nasional saat ini tinggal menunggu hasil Verifikasi Faktual, SWI akan menjadi konstituen Dewan Pers.

“Karena itu, sesuai petunjuk dan arahan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) SWI, dimohon pengurus DPW dan DPD SWI, untuk menyelenggarakan kegiatan yang mendukung eksistensi keberadaan SWI di daerah,” ujarnya.

Ketua SWI Jember Suyono HS, berterimakasih kepada seluruh pengurus dan anggota SWI Jember yang mampu menjaga kekompakan, sehingga sejumlah kegiatan yang sudah diprogramkan dapat berjalan dengan baik.

Kedepan kata Suyono, SWI Jember akan melaksanakan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kopetensi wartawan, khususnya anggota SWI Jember. Mengingat, Visi-Misi pendirian SWI sesuai AD/ART, adalah mendorong anggotanya menjadi wartawan professional dan sejahtera.

baca juga :   Senator RI: Pers harus Bebas dari Penjajahan

Keberadaan SWI di Jember, kata Suyono, sudah diterima kalangan wartawan di Jember. Terbukti, sejumlah wartawan yang selama ini belum bergabung dengan organisasi profesi wartawan, menyatakan kesediaannya untuk bisa menjadi anggota SWI.

Terkait dengan sertifikasi kompetensi wartawan, DPD SWI Jember, kata Suyono masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari DPP SWI. Mengingat upaya peningkatan kompetensi wartawan ini, merupakan salah satu program yang sudah diputuskan DPP SWI lewat Rakernas I di Bogor, tahun 2022 lalu.

Lebih lanjut, Ketua SWI Jember, berpesan kepada seluruh anggotanya untuk bersikap netral menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, November 2024 mendatang.

baca juga :   Sekjen SWI: Tahun 2023 SWI Sudah Harus Take Off

DPD SWI Kabupaten Jember, punya program menggelar dialog publik dengan mengundang seluruh bakala calon bupati dan wakil bupati untuk memaparkan visi-misi dan programnya, saat berlangsungnya masa kampanye pilkada, beberapa bulan mendatang.

“Secara pribadi teman-teman wartawan bebas mendukung calon bupati tertentu. Tapi secara kelembagaan, organisasi SWI harus netral, tidak boleh berpihak kepada calon yang manapun. Sesuai ketentuan undang-undang dan kode etik jurnalistik, kita harus menjaga independensi dan keberimbangan dalam pemberitaan,” tegasnya.

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *