Gegara Corona, Harga Jual Jahe di Talegong Garut Melonjak Tajam

Tata, Mantan Kades Sela Awi yang sukses menjadi pengusaha jahe di Talegong Garut. (Photo-Yat)

Garut, transnews.co.id-Dampak corona bagi sebagian petani utamanya petani jahe di Desa Sela Awi,Kecamatan Talegong Garut Jawa Barat membawa berkah tersendiri, sebab harga jual komoditas Jahe harganya melonjak cukup tajam.

Oman (50) salah seorang petani jahe warga Sela Awi mengaku, sebelum wabah corona merebak, harga jual jahe ke pengepul berkisar antara 10-12 ribu/kg. Saat corona merebak harga jual ke pengepul hingga 30-45 ribu/kg.

“Alhamdulillah, harga jual jahe akibat dampak corona lumayan tinggi, sehingga biaya produksi tertutupi dan ada keuntungan cukup lumayan untuk menutup kebutuhan hidup dimasa sulit akibat corona,”ujar Oman.

Ditempat terpisah Tata,pengepul jahe kepada transnews, Rabu (14/4/2020) mengakui bahwa memang harga komoditas Jahe memang cukup tinggi akibat banyak permintaan pesanan dari berbagai daerah di Indonesia terutama pasar lokal Bandung dan Jakarta,bahkan ada juga permintaan dari sebuah pabrik jamu.

“Harga jual komuditas jahe biasa dan jahe merah kisaran 45 ribu sampai 50 ribu/kg, padahal biasanya paling mahal 20 sampaii 30 ribu/kilo tetapi sekarang sejak corona merebak harganya melonjak tinggi,”ujar mantan Kades ini.

Seiring banyaknya order pesanan, penjualan Jahe setiap harinya, lanjut Tata, 4 hingga 6 ton/ harinya. Padahal sebelum seminggu sekali hanya 2 ton saja,”ungkapnya.

Menurut Tata, Jahe paedahnya banyak sekali untuk dikusumsi langsung maupun untuk obat abatan pabrikan dan jamu tradisional.

Diakui Tata menjadi pengepul jual beli Jahe sudah sejak lama digelutinya bahkan sejak menjabat Kades hingga berhenti terus berkiprah di dunia jahe tidak dihentikan hingga sekarang. Termasuk suka dukanya menjadi pengusaha sukses di bidang Jahe.

“Sebelum menjadi Kades hingga berhenti, usaha Jahe terus digeluti hingga sekarang,”ujar Tata.

Dibilangan kecamatan Talegong Garut, nama Tata sudah tidak asing lagi di dengar, bahkan terbilang sukses karena jahe.

Tata meminta kepada pemerintah agar ada perhatian khusus kepada para petani jahe di wilayah Talegong,seperti dukungan modal pengembangan dan penyuluhan kepada para petani khususnya jahe,sehingga mereka lebih termotivasi untuk menanam jahe yang banyak manfaatnya untuk kesehatan,”demikian Tata,seraya mempromosikan bagi siapapun yang membutuhkan jahe, partai kecil dan besar dirinya siap melayani. (Yat) Editor:Nas

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com