Gubernur Jatim Nyatakan Siap Dukung Percepatan Uji Klinik Vaksin Merah Putih Unair

Gubernur Jatim Khofifah,saat menghadiri sidang terbuka Dies Natalis Unair ,Selasa (9/11/21).

Surabaya , Transnews.co.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, turut menghadiri acara Sidang Terbuka Dies Natalis Universitas Airlangga (Unair) ke-67 pada Selasa (9/11/21). Dalam kesempatan tersebut, Khofifah menyatakan kesiapannya dalam mendukung proses percepatan uji klinik Vaksin Merah Putih buatan Unair mulai dari tahap pertama hingga tahap ketiga.

Khofifah menjelaskan, bahwa saat ini pelaksanaan uji klinik Vaksin Merah Putih masih menunggu izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Apabila Vaksin Merah Putih dapat digunakan sebagai vaksin booster, sambung Khofifah, dia menyatakan siap sebagai relawan pertama untuk uji klinik pada tahap pertama, kedua, maupun ketiga.

“Jika dalam proses ke depan, Vaksin Merah Putih dapat digunakan sebagai booster maka saya siap menjadi relawan pertama, tetapi jika kemudian syarat uji klinik adalah yang pertama kali mendapat vaksin atau belum divaksin maka membutuhkan relawan yang lain,” ucapnya, dalam rilis Unair Surabaya, Selasa (9/11/2021).

baca juga :   Pemerintah akan Mulai Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun Besok

Ke depan, kerja sama akan dilaksanakan oleh tiga pihak yang terdiri atas Unair, PT. Biotis Pharmaceuticals Indonesia, dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo di Surabaya.

Khofifah mengatakan bahwa sejak tanggal 12 Oktober lalu, dimana tanggal tersebut juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Provinsi Jawa Timur, telah disiapkan gazebo khusus di RSUD Dr. Soetomo.

baca juga :   Capaian Vaksinasi Baru 20%, Wawako Tanjungpinang Minta Dukungan Semua Pihak Agar Booster Capai Target

Selain itu, Ia juga menuturkan bahwa hingga saat ini sudah cukup banyak yang mendaftar sebagai relawan untuk uji klinik vaksin.

“Jadi, tempat untuk uji klinik bagi para relawan adalah di RSUD Dr. Soetomo, sehingga kita juga menjadi bagian dalam percepatan pelaksanaan uji klinik Vaksin Merah Putih tahap pertama, tahap kedua, dan tahap ketiga,” tambah Gubernur Khofifah.

“Sebagai Ketua Ikatan Alumni Unair, saya bangga dengan UNAIR yang telah memberikan persembahan terbaik bagi negeri ini untuk memberikan perlindungan dan keselamatan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Saya tegaskan kembali bahwa saya akan menjadi orang yang berdiri di depan untuk mendorong suksesnya uji klinik vaksin tahap pertama, kedua, dan ketiga,” tutupnya. (hd)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com