DAERAH  

Harga Cabe di Jatim Mulai Naik

Surabaya, Transnews.co.id – Memasuki minggu keempat November, harga cabe rawit, cabe merah besar, maupun cabe merah keriting di berbagai pasar rakyat Jawa Timur khususnya di Surabaya, fluktuatif cenderung mulai merangkak naik.

Menurut data dari Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (siskaperbapo) Disperindag Jawa Timur, rata-rata untuk cabe rawit Rp 20.500/kg. Sementara harga cabe merah besar keriting rata-rata Rp 32.000/kg dan cabe merah besar biasa Rp 32.000/kg

Ketua Paguyupan Petani Cabe Indonesia Jawa Timur, Suyono, mengatakan, bahwa perubahan dan kelonggaran PPKM berdampak besar terhadap perkambangan harga cabe baik itu cabe rawit, cabe merah keriting dan cabe merah besar biasa. . Membaiknya harga cabe karena adanya permintaan pasar induk Jakarta, ditambah pasar kalimanta dan pasar industri serta mulai banyaknya pemberli di pasar dan berdampak pada harga cabe dihulu sentra cabe juga ikut naik.

baca juga :   Dirjen Perdagangan Dalam Negeri: Sebanyak 70 Ribu Liter Minyak Goreng Digelontorkan ke Jatim Setiap Bulan

Sementara, persediaan cabe di pasar maupun di beberapa daerah sentra dan distributor cabe di Jawa Timur masih cukup banyak. Sedangkan untuk harga cabe merah keriting, cabe merah biasa maupun cabe rawit disentra cabe di Pare Kediri cenderung ikut naik merkipun kenaikannya tipis.

baca juga :   Unesa Catatkan MURI, Lantik Gubes hingga Beri Anugerah Para Tokoh dan Pejabat

Di sentra cabe Kepung Pare dan Plosoklaten Kediri pada, Selasa (23/11/2021) fluktuatif naik dengan harga, untuk cabe besar varitas gada saat ini rata-rata Rp 31.000/kg dan cabe merah besar varitas imola Rp 30.000/kg serta Cabe merah besar keriting rata-rata Rp 25.000/kg.

Sedangkan, harga cabe rawit merah kecil varitas ori 212 Rp 18.000/kg, cabe rawit varitas asmoro dijual dengan harga Rp 18.000 /kg, cabe rawit varita lokal Kediri Rp 17.000/kg dan cabe rawit lokal Nganjuk Rp 14.000/kg serta cabe rawit varitas gandrung Rp 17.000/kg

baca juga :   Gubernur Melepas Keberangkatan Jamaah Haji Kloter I Embarkasi Surabaya

“Harga cabe baik dipasar grosir dan pasar Surabaya sekitarnya fluktuatif cenderung naik, mulai longgarnya PPKM karena banyak daerah yang levelnya membaik sehingga banyak masyarakat berjatan, warkop pedagang makanan mulai buka akan berdapak pada harga cabe “ujar Suyono.(hd)

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com