Hebat, Ada Kampung Tangguh di Kota Sukabumi

Kota Sukabumi transnews.co.id- Upaya menjaga ketahanan pangan di tengah masyarakat dimasa Pandemi Covid-19 Polres Kota Sukabumi Jawa Barat, membangun kampung Tangguh, di Lembur Pasir Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Lembursitu,Kamis (11/6/2020).

Program Kampung Tangguh yang digagas Polres Sukabumi Kota didukung pula Pemkot Sukabumi dan Kodim 0607 Kota Sukabumi.

Untuk zona ketahanan pangan di Kelurahan Sindang Palay, Kecamatan Cibeureum dilakukan panen sorgum oleh Wali Kota Sukabumi Ahmad Fahmi bersama Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni dan Kasdim 0607/Kota Sukabumi, Mayor (Chb) R Khoirullah.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni menyatakan, Polri dan TNI dilibatkan membangun dan mempertahankan zona ketehanan pangan, jangan sampai jebol.

“Oleh karenanya bagaimana memotivasi petani membangun zona ketahanan pangan salah satunya sorgum,ikan serta pembibitan sayuran,”ujar Kapolres.

Dalam kesempatan itu Walikota Sukabumi Ahmad Fahmi mengatakan,dimasa pandemi Covid-19 terkait kerawanan pangan dan ketahanan pangan harus sama-sama diperhatikan dengan melibatkan Polri dan TNI secara akrif dalam menjaga ketahanan pangan,”jelas Walikota.

Menurut Fahmi,ketahanan pangan berdampak pada stabilitas sosial ekonomi, dan kerawanan sosial masyarakat.

“Kehadiran forkopimda ini memotivasi dan mengajak seluruh pihak mendapatkan semangat dalam menciptakan zona ketahanan pangan,”ucap Fahmi.

Fahmi mengatakan, organisasi dunia terkait pangan menyebutkan yang diantisipasi adalah efek Covid yakni ketersediaan pangan.

“Itulah sebabnya sama-sama saling bekerjasama dan inovasi serta improvisasi dalam rangka menjaga ketahanan pangan,” paparnya.

Dikatakan Fahmi, Pemkot menyadari Kota Sukabumi belum mampu memenuhi kebutuhan pangan warga secara mandiri karena lahan pertanian terbatas 1.300 hektare dan hanya mampu memenuhi 35 persen warga Sukabumi.

“Itulah sebabnya pemkot berupaya bagaimana caranya lahan pangan lokal spesipik lokasi bentuknya sorgum di Cibeureum dapat dikembangkan dengan melibatkan pemuda, karang taruna dalam proses produksi dan ketersediaan pangan. Mari ciptakan zona ketahanan pangan dan terimakasih kepada semua pihak,”pungkas Fahmi. (Ris/HMs) Editor:Nas

Loading

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/ atau berita tersebut di atas, Silahkan mengirimkan sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami, sebagai-mana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com