Imbas Galian Kabel Rengut Nyawa: Kantor PLN Cabang Cikokol Didemo Masa

109 seconds reading this post

Koordinator Aksi, Syaiful Basri, saat memberi keterangan kepada Media. (Sol)
Tangerang,Transnews- Efek proyek pengerjaan galian kabel yang dilakukan PLN untuk perawatan dan pelayanan lebih baik bagi konsumen, berbuntut panjang. Sebab, gara gara ada pekerjaan galian kabel, nyawa seseorang melayang sia-sia.

Karena merasa membahayakan nyawa dan merugikan , puluhan warga mendatangi kantor PLN Cabang Cikokol, jalan Jend. Sudirman No 1, Kota Tangerang,Kamis (3/10/19).

Kedatangan mereka yang menamakan diri Patriot Nasional (Patron) berunjuk rasa, mengutarakan kekecewaan mereka atas kinerja PLN yang mereka anggap tidak memperhatikan keselamatan warga.

Syaiful Basri, selaku koordinator aksi menuturkan bahwa rasa kecewa menjadi sebab mereka turun ke jalan.

“Kami kecewa dengan proyek penanaman galian kabel yang dilakukan PLN,” ujarnya .

Syaiful mencontohkan kejadian yang menimpa seorang pengguna jalan, yang harus menjadi korban kecelakaan karena menghindari lubang dan berujung terenggutnya nyawa.

“Di Nagrotog, pengendara motor terlindas gara-gara menghindari lubang galian kabel PLN. Ini hanya satu contoh, sementara masih banyak kerugian masyarakat lainnya, seperti kemacetan,” tuturnya.

Apalagi kabel yang ditanam PLN adalah jenis kabel bertegangan tinggi. Karena itu seharusnya pekerjaan yang dilakukan pun sebaiknya harus lebih ditingkatkan terkait keselamatan. Sebab jika ada proyek seperti ini yang dirugikan selalu saja masyarakat.

“Jangan semrawut dan berkesan asal-asalan. Apa ada permainan di proyek ini?” ucap Syaiful.

Syaiful mengatakan dugaan permainan tender proyek berhembus kencang dan PLN Cabang Cikokol disinyalir mengikuti cara yang tak elegan ini.

Karena itu dalam tuntutannya, Patron meminta PLN Distribusi Banten, agar mencoret seluruh Vendor nakal yang tak mau menaati peraturan. Sebab jika dibiarkan, maka tak hanya masyarakat yang rugi tetapi PLN dan Negara akan merasakan kerugian juga.

Tetapi hal itu dibantah Eman selaku Manajer Komunikasi PLN Cabang Cikokol. Bahwa tender yang dilakukan itu bersifat terbuka dan tak ada warisan titipan di dalamnya.

“Kami terbuka dan pemenang tender telah melewati tahap penyeleksian. Mungkin ini hanya dugaan para demonstran,” tegas Eman.

Eman pun menuturkan, pihaknya tak mau main-main dalam perawatan dan pengembang layanan kabel PLN, karena ini menyangkut tersedianya sumber daya listrik bagi kehidupan konsumen.

Tetapi semua itu butuh proses dan waktu, tak mungkin terjadi secepat kilat.

“Di sini teman-teman harus menyadari, ada beberapa tahapan proses yang harus kita lewati. Dari mulai ijin sampai pengadaan dan lainnya,” tutupnya.(Sol/Hrs)

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com