Ini Langkah Efisien PLN Atasi Kondisi Kritis Tanpa Padamkan Listrik

Reporter: Ade Febri
Editor: Dimas Pramudya

90 seconds reading this post

Depok – PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) berhasil melakukan perbaikan kritis terhadap salah satu titik hotspot pada klem Penyulang Mainswitch (PMS).

General Manager PLN UIT JBB, Didik Fauzi Dakhlan mengatakan perbaikan dilakukan oleh personel Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Durikosambi dengan metode Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) di Gardu Induk (GI) Angke, Jakarta.

Didik juga menjelaskan hotspot pada klem PMS merupakan masalah serius yang dapat mengakibatkan gangguan pada pasokan listrik di wilayah terdekat.

“Namun, dengan menggunakan teknik PDKB, PLN UIT JBB mampu mengatasi perbaikan tanpa perlu mematikan aliran listrik secara keseluruhan,” kata Didik.

BACA JUGA :  Terbanyak di Asia Tenggara! PLN Resmikan 21 Unit Green Hydrogen Plant, Mampu Produksi Hingga 199 Ton Hidrogen Per Tahun

Dengan metode tersebut Didik melanjutkan, memungkinkan operasional listrik tetap berjalan tanpa gangguan berarti bagi pelanggan.

Didik juga menerangkan bahwa perbaikan tersebut merupakan bagian dari upaya berkelanjutan PLN untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan listrik di seluruh Indonesia.

“Dengan adanya perbaikan ini, diharapkan tidak hanya kualitas pasokan listrik tetap terjaga, tetapi juga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap PLN sebagai perusahaan penyedia layanan kelistrikan,” pungkas Didik.

Manager Unit Pelaksana Transmisi Durikosambi, Taufiq Fahrudin mengaku sangat bersyukur atas keberhasilan operasi perbaikan hotspot pada klem PMS.

BACA JUGA :  Siap-siap! PLN Jadi Raksasa Pelaku _Carbon Trading_ yang Melantai di Bursa Karbon Indonesia

“PDKB memungkinkan kami untuk bekerja dengan cepat dan efektif, tanpa mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar yang bergantung pada pasokan listrik yang stabil,” ujarnya.

Keberhasilan perbaikan hotspot klem PMS melalui PDKB ini dikatakan Taufiq sebagai penegasan dan komitmen PLN dalam menghadirkan layanan listrik yang andal dan bermutu.

Ia juga terus mengimbau kepada masyarakat untuk turut aktif memberikan informasi jika ada gangguan atau keluhan terkait dengan pasokan listrik melalui Aplikasi PLN Mobile, sehingga tindakan perbaikan dapat dilakukan secara cepat dan tepat.

BACA JUGA :  Depan Presiden Joko Widodo, Dirut PLN Paparkan Pengembangan _Hydropower_ di Tanah Air

Dengan mengoptimalkan pasukan PDKB, PLN mampu melakukan efisiensi biaya pemeliharaan dan menyelamatkan energi yang tidak tersalurkan jika pekerjaan harus padam. Lebih dari itu, masyarakat tidak merasakan dampak padam akibat pekerjaan pemeliharaan PLN.

Narahubung:
Lulik Purwiranto
Manager KOM & TJSL
PT PLN (Persero) UIT JBB
021-7543566

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, silahkan mengirim sanggahan dan/atau koreksi kepada Kami sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers melalui email: transnewsredaksi@gmail.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *